ANALISIS ISI CYBER PUBLIC RELATIONS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PENGAJIANGUSMIFTAH DALAM MEMPERBAIKI CITRA (PERIODE DESEMBER 2024 – FEBRUARI 2025)

Ma’rifah, Anisa (2025) ANALISIS ISI CYBER PUBLIC RELATIONS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PENGAJIANGUSMIFTAH DALAM MEMPERBAIKI CITRA (PERIODE DESEMBER 2024 – FEBRUARI 2025). Skripsi thesis, UPN "Veteran"Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf] Text
Cover_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf] Text
Abstrak_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf] Text
Daftar Isi_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153210177_Anisa Ma'rifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://upnyk

Abstract

Gus Miftah merupakan tokoh agama terkenal yang berasal dari Lampung dan
menetap di Yogyakarta. Gus Miftah dalam menyebarkan informasi pengajiannya
menggunakan media sosial Instagram @pengajiangusmiftah yang diketahui
sebagai akun resmi tim Cyber Public Relations Gus Miftah. @pengajiangusmiftah
telah aktif mengunggah konten sejak tahun 2019 dan telah memiliki pengikut
sebanyak 117.000 dan total postingan 2.680. Sebagai tim Cyber Public Relations
Gus Miftah bertanggung jawab dalam mengelola akun Instagram dan menjaga
hubungan dengan publiknya. Dalam penelitian ini berfokus pada analisis isi konten
@pengajaingusmiftah pasca viral penjual es teh dan mundurnya Gus Miftah dari
jabatan Staf Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana
Keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi konten
@pengajiangusmiftah dalam upaya memperbaiki citra Gus Miftah. Penelitian ini
menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan teknik pengumpulan data
berupa dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
@pengajiangusmiftah telah menerapkan strategi komunikasi memperbaiki citra
dengan menggunakan strategi reducing the offensive dari teori image restoration.
Hal ini dilakukan untuk memperbaiki citra Gus Miftah dan mempertahankan
kedudukannya sebagai tokoh agama yang terkenal.
Kata Kunci : Image Restoration, Analisis Isi, Media Sosial Instagram, Cyber Public
Relations

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Anisa Ma’rifah (Penulis - 153210177); Susilastuti (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Image Restoration, Analisis Isi, Media Sosial Instagram, Cyber Public Relations
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2025 07:05
Last Modified: 19 Nov 2025 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45566

Actions (login required)

View Item View Item