Pengaruh Terpaan Konten Viral UGC Di Media Sosial TikTok Terhadap Kepercayaan Publik Tentang Damkar Sebagai Institusi Tanggap Situasi

Pramesti Puspitaningrum, . (2025) Pengaruh Terpaan Konten Viral UGC Di Media Sosial TikTok Terhadap Kepercayaan Publik Tentang Damkar Sebagai Institusi Tanggap Situasi. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Cover_153210008.pdf] Text
1_Cover_153210008.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_153210008.pdf] Text
2_Abstrak_153210008.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_153210008.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_153210008.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_153210008.pdf] Text
4_Daftar Isi_153210008.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_153210008.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_153210008.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 6_Fulltext_153210008.pdf] Text
6_Fulltext_153210008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Media sosial menjadi wadah utama penyebaran informasi dan hiburan, salah satunya TikTok yang memungkinkan pengguna memproduksi User Generated Content (UGC). Fenomena ini menimbulkan pertanyaan mengenai pengaruh UGC terhadap pembentukan realitas sosial. Penelitian ini menganalisis pengaruh terpaan konten UGC di TikTok terhadap kepercayaan publik terhadap Damkar. Landasan teori yang digunakan adalah Revived Cultivation Theory dari Raziye Nevzat (2018), yang menjelaskan bagaimana media sosial membentuk realitas pengguna melalui konten yang selaras dengan pengalaman nyata. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan survey terhadap 385 responden melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online berskala Likert dan dianalisis dengan regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan bahwa terpaan konten UGC berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan publik dengan koefisien regresi 0,852 dan kontribusi pengaruh 71,3%. Dengan demikian konten UGC di Tiktok berperan penting dalam membentuk kepercayaan publik terhadap Damkar sebagai institusi tanggap situasi.
Kata kunci: Terpaan konten, User Generated Content (UGC), Kepercayaan Publik, Damkar, TikTok.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Pramesti Puspitaningrum (Penulis - 153210008) Khuswatun Hasanah (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Terpaan konten, User Generated Content (UGC), Kepercayaan Publik, Damkar, TikTok.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 10 Nov 2025 00:40
Last Modified: 10 Nov 2025 00:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45323

Actions (login required)

View Item View Item