Dimas Dwi Suta Riyadi, . (2025) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT PADA KEGIATAN PENAMBANGAN DI PT MULTINTES, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
| 
              
Text
 1. Cover_112200112_Dimas Dwi Suta Riyadi.pdf Download (140kB)  | 
          |
| 
              
Text
 2. Abstrak_112200112_Dimas Dwi Suta Riyadi.pdf Download (240kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3. Halaman Pengesahan_112200112_Dimas Dwi Suta Riyadi.pdf Download (588kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4. Daftar Isi_112200112_Dimas Dwi Suta Riyadi.pdf Download (211kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5. Daftar Pustaka_112200112_Dimas Dwi Suta Riyadi.pdf Download (205kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6. Skripsi Fulltext_112200112_Dimas Dwi Suta Riyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          
Abstract
PT Multintes adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri pertambangan yang berlokasi di Dusun Parakan Wetan, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Komoditas PT Multintes yaitu pasir dan batu. Pasir dan batu (sirtu) sendiri merupakan bahan baku bidang konstruksi. PT Multintes melakukan kegiatan penambangan dengan sistem tambang terbuka dengan metode kuari. Kegiatan penambangan terdiri atas 3 kegiatan yaitu pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan dimana kegiatan tersebut dilakukan oleh Excavator Hitachi ZX250 dan 2 unit dumptruck Toyota Dyna 130HT.
Pada kegiatan pengangkutan material yang dilakukan pada bulan Agustus 2024 masih belum memenuhi target yang telah ditetapkan untuk bulan Agustus 2024 sebesar 8.775 BCM/bulan atau 37,5 BCM/Jam dimana nilai produktivitas aktual masih berada pada angka 7326,31 BCM/Bulan atau31,31 BCM/Jam.  Setelah melakukan pengamatan di lapangan, ditemukan salah satu faktor utama yang menjadi penyebab tidak tercapainya produksi adalah terdapat jalan yang memiliki grade yang tidak sesuai dengan standar Perusahaan yaitu 12%. Pada pengamatan yang dilakukan di lapangan didapatkan segmen jalan angkut dengan grade jalan diatas 12%.
 Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan produksi.salah satu faktor yang menyebabkan tidak tercapainya produktivitas alat angkut yaitu adanya beberapa segmen jalan yang masih belum memenuhi standar minimum geometri jalan angkut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan dilakukan perbaikan geometri jalan angkut dan dilanjutkan dengan simulasi rimpull untuk dapat mengetahui waktu edar yang didapatkan setelah dilakukan perbaikan jalan angkut. 
Menurut hasil penelitian yang dilakukan di lapangan terdapat 2 segmen dari total 17 segmen jalan angkut yang melebihi standar grade perusahaan yaitu 12% sehingga perlu dilakukan analisis lebih lanjut. Setelah dilakukan perbaikan, waktu edar yang dibutuhkan alat angkut sebesar 815,94 detik dengan nilai produktivitas yang diperoleh sebesar 31,31 BCM/Jam. setelah dilakukan perbaikan dan simulasi rimpull, didapatkan nilai waktu edar baru untuk alat angkut dengan waktu edar sebesar 676,91 detik dengan nilai produktivitas baru sebesar 37,74 BCM/Jam. Dimana terjadi kenaikan produktivitas sebesar 17,15% setelah dilakukan perbaikan geometri jalan angkut dan simulasi rimpull, sehingga produktivitas alat angkut telah tercapai.
Kata kunci: Produktivitas, Grade, Rimpull
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) | 
|---|---|
| Additional Information: | Dimas Dwi Suta Riyadi (penulis-112200112) Gunawan Nusanto (Pembimbing) | 
| Uncontrolled Keywords: | Produktivitas, Grade, rimpull | 
| Subjek: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy | 
| Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan | 
| Depositing User: | Indah Lestari | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 08:01 | 
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:01 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44965 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
