Mahbuba, Zakyra Laila (2025) PENGARUH CULTURAL CONTACT DAN AUTHENTICITY TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Wisatawan Yang Sudah Pernah Berkunjung Ke Makam Raja Raja Mataram Kotagede). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
|
Text
1_Skripsi Full Text_152210053_Zakyra Laila Mahbuba.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
2_Cover_152210053_Zakyra Laila Mahbuba.pdf Download (82kB) |
|
|
Text
3_Abstrak_152210053_Zakyra Laila Mahbuba.pdf Download (76kB) |
|
|
Text
4_Halaman Pengesahan_15221053_Zakyra Laila Mahbuba.pdf Download (308kB) |
|
|
Text
5_Daftar Isi_152210053_Zakyra Laila Mahbuba.pdf Download (240kB) |
|
|
Text
6_Daftar Pustaka_152210053_Zakyra Laila Mahbuba.pdf Download (18kB) |
Abstract
Zakyra Laila Mahbuba, Nomor Induk Mahasiswa 152210053, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh
Cultural Contact dan Authenticity terhadap Revisit Intention melalui Memorable
Tourism Experience Sebagai Variabel Intervening” (Studi Kasus Pada Wisatawan
Yang Sudah Pernah Berkunjung Ke Makam Raja-Raja Mataram Kotagede). Dosen
Pembimbing Eny Endah Pujiastuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Cultural Contact dan
Authenticity terhadap Revisit Intention melalui Memorable Tourism Experience
Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Wisatawan Yang Sudah Pernah
Berkunjung Ke Makam Raja-Raja Mataram Kotagede). Populasi dalam penelitian
ini adalah wisatawan yang sudah pernah melakukan kunjungan ke destinasi wisata
Makam Raja-Raja Mataram Kotagede yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti.
Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research dengan menggunakan
metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang telah
berkunjung minimal satu kali ke Makam Raja-Raja Mataram Kotagede. Ukuran
sampel dengan 116 responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin dan
Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality sampling. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan data table dan
pesentasi, serta analisis statistic inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji
Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel cultural contact
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, authenticity
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, cultural contact
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, authenticity berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, memorable tourism experience berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, cultural contact berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention melalui memorable tourism experience, dan authenticity
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui memorable tourism
experience. Berdasarkan hasil penelitian, Makam Raja-Raja Mataram Kotagede
diharapkan dapat meningkatkan interaksi budaya dan keaslian destinasi serta
keterlibatan pengunjung agar wisatawan mendapatkan pengalaman yang berkesan
saat melakukan kunjungaan sehingga mampu meningkatkan keinginan wisatawan
untuk mengunjungi kembali destinasi wisata tersebut.
Kata kunci: Cultural Contact, Authenticity, Memorable Tourist Experience,
Revisit Intention.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Cultural Contact, Authenticity, Memorable Tourist Experience, Revisit Intention. |
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | Eko Yuli |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:22 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:22 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
