ATHIYYA NURUL SYIFA, . (2025) PERBAIKAN WAKTU PELAYANAN SERVIS MOTOR DENGAN PENDEKATAN ERGONOMIC VALUE STREAM MAPPING (ERGOVSM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.
|
Text
1_Cover_122210092_Athiyya Nurul Syifa.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_122210092_Athiyya Nurul Syifa.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_122210092_Athiyya Nurul Syifa.pdf Download (381kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_122210092_Athiyya Nurul Syifa.pdf Download (336kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_122210092_Athiyya Nurul Syif.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
6_Skripsi Full_122210092_Athiyya Nurul Syifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Waktu pelayanan servis yang terlalu lama dapat menurunkan kepuasan pelanggan dan produktivitas perusahaan. PT Suzuki Indojaya Motor Sukses menghadapi permasalahan rata-rata waktu siklus servis motor sebesar 93,14 menit, jauh di atas target perusahaan sebesar 63,7 menit. Selain itu, kondisi ergonomi mekanik juga kurang mendukung, ditunjukkan dengan skor Nordic Body Map (NBM) sebesar 57, skor Rapid Entire Body Assessment (REBA) sebesar 8, serta Cardiovascular Load (CVL) sebesar 36,19% yang melebihi batas normal. Kondisi ini menunjukkan adanya pemborosan gerakan (waste of motion) serta risiko gangguan muskuloskeletal, sehingga diperlukan solusi yang tidak hanya menekan waktu servis, tetapi juga memperbaiki aspek ergonomi kerja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Ergonomic Value Stream Mapping (ErgoVSM) untuk menganalisis dan memperbaiki proses servis. Tahapan penelitian meliputi pemetaan kondisi eksisting melalui Current State Mapping, identifikasi aktivitas bernilai tambah atau value added (VA), aktivitas tidak bernilai tambah atau non value added (NVA), dan aktivitas perlu tetapi tidak bernilai tambah non necessary value added (NNVA). Analisis ergonomi dilakukan menggunakan metode Nordic Body Map (NBM), Rapid Entire Body Assessment (REBA), serta Cardiovascular Load (CVL). Usulan perbaikan dirancang melalui penerapan konsep 5S, perbaikan bikelift, serta penyusunan Future State Mapping untuk menggambarkan kondisi proses setelah implementasi perbaikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas NVA yang dominan berupa pencarian peralatan, postur membungkuk saat servis, dan waktu tunggu suku cadang. Dengan penerapan perbaikan berupa redesign alur kerja dan inovasi bikelift, waktu siklus servis berhasil dipangkas menjadi 60,19 menit. Skor NBM turun dari 57 menjadi 31, skor REBA dari 8 menjadi 1, dan %CVL dari 36,19% menjadi 25,47%. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan ErgoVSM efektif dalam mengurangi pemborosan, meningkatkan efisiensi waktu pelayanan, sekaligus memperbaiki kondisi ergonomi mekanik sehingga mendukung peningkatan produktivitas perusahaan.
Kata kunci: Ergonomic Value Stream Mapping, Waktu Pelayanan, Risiko Ergonomi, Efisiensi, Servis Motor.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | ATHIYYA NURUL SYIFA (Penulis - 122210092) INTAN BERLIANTY (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Ergonomic Value Stream Mapping, Waktu Pelayanan, Risiko Ergonomi, Efisiensi, Servis Motor |
| Subjek: | Q Science > QC Physics Q Science > QM Human anatomy T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Teknik Industri |
| Depositing User: | Indah Lestari |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:20 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:20 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
