ANALISIS PERFORMA BLOC DAN GETX DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE CLEAN ARCHITECTURE

Kavarera, Rafli Iskandar (2025) ANALISIS PERFORMA BLOC DAN GETX DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE CLEAN ARCHITECTURE. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
Abstrak_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Cover_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
Cover_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of DaftarIsi_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
DaftarIsi_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of DaftarPustaka_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
DaftarPustaka_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of PengesahanPembimbing_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
PengesahanPembimbing_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of PengesahanPenguji_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
PengesahanPenguji_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of SkripsiFull_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf] Text
SkripsiFull_RafliIskandarKavarera_123210131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan aplikasi mobile mendorong penggunaan arsitektur perangkat lunak
yang lebih terstruktur dan efisien, salah satunya adalah Clean Architecture. Maka dari itu
pemilihan state management yang tepat juga menjadi faktor penting dalam performa aplikasi
Flutter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membandingkan performa. kedua
metode state management populer, yaitu BLoC dan GetX pada pengembangan aplikasi
mobile berbasis Clean Architecture.
Penelitian dilakukan dengan membangun tiga aplikasi berbeda yaitu aplikasi catatan,
aplikasi stok barang dan aplikasi penjualan dengan menggunakan kedua metode state
management tersebut, sehingga terdapat enam aplikasi yang diuji. Pengujian dilakukan
terhadap parameter performa meliputi waktu eksekusi, penggunaan CPU, penggunaan
memori, ukuran aplikasi, serta pengukuran kualitas kode menggunakan Cyclomatic
Complexity dan Indeks Pemeliharaan. Validasi Clean Architecture dilakukan melalui
analisis lintas dependensi (dependency rule) menggunakan Dart Code Metrics, serta
pemeriksaan manual prinsip separation of concerns.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode state management dapat
diterapkan pada Clean Architecture dengan baik tanpa adanya pelanggaran dependency rule
maupun separation of concerns. Namun, berdasarkan hasil pengujian performa, BLoC
cenderung memberikan penggunaan memori yang lebih efisien, sementara GetX
menunjukkan keunggulan dalam kecepatan waktu eksekusi. Penelitian ini memberikan
kontribusi sebagai referensi pemilihan state management berdasarkan kebutuhan performa
dan kompleksitas aplikasi pada pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter.
KATA KUNCI: Flutter, Arsitektur Bersih, Getx, BLoC

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flutter, Arsitektur Bersih, Getx, BLoC
Subjek: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Informatika
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:26
Last Modified: 16 Oct 2025 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44477

Actions (login required)

View Item View Item