ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM SIMON NAPTOL DI BANGUNTAPAN BANTUL

Fatullah, Ikhwanudin (2025) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM SIMON NAPTOL DI BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf] Text
2_Cover_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4_Halaman_Pengesahan_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf] Text
4_Halaman_Pengesahan_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf] Text
3_Abstrak_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 5_Daftar_Isi_15318029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf] Text
5_Daftar_Isi_15318029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 6_Daftar_Pustaka_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf] Text
6_Daftar_Pustaka_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf] Text
1_Skripsi full_153180029_IKHWANUDIN FATULLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

Meningkatnya strategi komunikasi pemasaran digital bagi bisnis disorot,
menekankan bahwa bahkan produk berkualitas tinggi memerlukan pemasaran yang
efektif untuk mendapatkan pengakuan, terutama di era digital. Memahami
kebutuhan konsumen melalui komunikasi pemasaran dapat mengungkap peluang
baru dan mendorong pertumbuhan bisnis. Penelitian ini berfokus pada Naptol,
usaha mikro di Yogyakarta yang menawarkan layanan pewarnaan kain yang
bertujuan untuk menghidupkan kembali pakaian yang telah pudar. Didirikan oleh
Endro Sukendar pada tahun 2000, Naptol menggunakan pewarna Naptol yang
dihargai karena kestabilannya dan retensi warna yang cerah, menjadikannya pilihan
populer di kalangan produsen tekstil. Dengan dorongan pemerintah untuk
digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, Naptol
bertujuan
untuk
memanfaatkan strategi digital untuk meningkatkan
penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Naptol secara efektif
memanfaatkan media sosial (terutama Instagram dan Facebook) sebagai saluran
promosi utama untuk menampilkan layanan dan mengedukasi calon
pelanggan. Selain itu, bisnis ini membina kemitraan dengan layanan binatu lokal,
meningkatkan visibilitas dan kepercayaan. Wawasan menunjukkan bahwa strategi
komunikasi digital menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan,
memperluas jangkauan pelanggan melalui penyajian konten yang efektif dan
berbagi testimoni. Namun, tantangan tetap ada, termasuk keterbatasan sumber daya
manusia dan perlunya peningkatan keterampilan digital. Hasilnya
menggarisbawahi potensi peningkatan dalam keterlibatan pemasaran digital dan
merekomendasikan pelatihan berkelanjutan dalam pemasaran digital untuk tim
Naptol. Secara keseluruhan, temuan ini menawarkan kerangka kerja untuk
memahami bagaimana strategi pemasaran digital dapat diintegrasikan secara efektif
ke dalam operasi UMKM untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan
pelanggan.
Kata kunci: Pemasaran Digital, Media Sosial, Penjualan, Literasi Digital

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Ikhwanudin Fatullah (Penulis-153180029) ; Isbandi Sutrisno (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Media Sosial, Penjualan, Literasi Digital
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:29
Last Modified: 15 Oct 2025 02:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44399

Actions (login required)

View Item View Item