Mufidah, Siti (2025) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DIMEDIASI CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Pada Pelanggan Camille Beauty di Shopee). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
1_Skripsi Full_152190025_Siti Mufidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
2_Cover_152190025_Siti Mufidah.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_152190025_Siti Mufidah.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_152190025_Siti Mufidah.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_152190025_Siti Mufidah.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_152190025_Siti Mufidah.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan
Electronic Word of Mouth (eWOM) yang dimediasi oleh citra merek terhadap
keputusan pembelian pada konsumen Camille Beauty di Shopee. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden
yang terdiri dari mahasiswa yang pernah melakukan pembelian produk Camille Beauty
di Shopee mahasiswa aktif Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan
Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS
3.2.9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian online sebesar 0.00 < 0.05. Inovasi produk
juga tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek sebesar 0.293 > 0.05. eWOM
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online yaitu sebesar 0.978
> 0.05. eWOM terbukti berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap citra merek
sebesar 0.000 < 0.05. Citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian online sebesar 0.006 < 0.05. Dalam konteks mediasi, citra merek
tidak signifikan memediasi pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian
online sebesar 0.379 > 0.05. Citra merek secara signifikan memediasi pengaruh
eWOM terhadap keputusan pembelian online sebesar 0.006 < 0.05.
Berdasarkan penelitian ini mengindikasikan pentingnya citra merek yang
terbentuk dari ulasan dan rekomendasi online dalam mendorong keputusan pembelian,
meskipun inovasi produk secara langsung juga berkontribusi pada keputusan
pembelian konsumen. Perusahaan disarankan untuk terus berinovasi dalam produk
untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian, serta
mengoptimalkan ulasan dan rekomendasi konsumen, memanfaatkan media sosial dan
platform online untuk memperkuat citra merek.
Kata kunci: Inovasi Produk, Electronic Word Of Mouth (eWOM), Citra Merek dan
Keputusan Pembelian
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Produk, Electronic Word Of Mouth (eWOM), Citra Merek dan Keputusan Pembelia |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 10:26 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 10:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |