PUTRI, AULIA RACHMAWATI (2025) PENGARUH ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE YANG DIMEDIASI OLEH KNOWLEDGE SHARING DAN ORGANIZATIONAL INNOVATION PADA UMKM FASHION DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
1_ Skripsi full_141210276_Aulia Rachmawati Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
2_Cover_141210276_Aulia Rachmawati Putri.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_141210276_Aulia Rachmawati Putri.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
4_ Halaman Pengesahan_141210276_Aulia Rachmawati Putri.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
5_ Daftar Isi_141210276_Aulia Rachmawati Putri.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_141210276_Aulia Rachmawati Putri.pdf Download (243kB) |
Abstract
PENGARUH ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP COMPETITIVE
ADVANTAGE YANG DIMEDIASI OLEH KNOWLEDGE SHARING DAN
ORGANIZATIONAL INNOVATION PADA UMKM FASHION DI KOTA
YOGYAKARTA
AULIA RACHMAWATI PUTRI
NIM 141210276
Mahasiswa Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta
ABSTRAK
Persaingan usaha di tengah perkembangan teknologi dan globalisasi menuntut
UMKM untuk memiliki kunggulan dalam bersaing. UMKM fashion di Kota
Yogyakarta menjadi sektor startegis karena kemampuannya dalam beradaptasi
dengan dinamika pasar dan tren konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh organizational culture terhadap competitive advantage
yang dimediasi oleh knowledge sharing dan organizational innovation pada
UMKM fashion di Kota Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 91 UMKM
fashion. Unit analisis dalam penelitian ini adalah UMKM fashion yang berada di
Kota Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability sampling
dengan metode cluster sampling, sedangkan metode analisis yang dugunakan
adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh antar
variable sebagai berikut: (1) organizational culture tidak berpengaruh signifikan
terhadap competitive advantage; (2) organizational culture berpengaruh signifikan
terhadap knowledge sharing; (3) organizational culture berpengaruh signifikan
terhadap organizational innovation; (4) knowledge sharing berpengaruh signifikan
terhadap organizational innovation; (5) organizational innovation tidak
berpengaruh signifikan terhadap competitive advantage; (6) organizational culture
berpengaruh signifikan terhadap competitive advantage yang dimediasi knowledge
sharing; (7) organizational innovation tidak mampu memediasi pengaruh
organizational culture terhadap competitive advantage. Penelitian ini menunjukan
bahwa organizational culture berperan penting dalam membentuk competitive
advantage secara tidak langsung melalui peningkatan knowledge sharing. Namun,
organizational innovation belum cukup kuat untuk menjadi mediator dalam
hubungan antara organizational culture dan competitive advantage.
Kata kunci: Organizational culture, Knowledge sharing, Organizational
innovation, competitive advantage, UMKM Fashion, Yogyakarta
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Organizational culture, Knowledge sharing, Organizational innovation, competitive advantage, UMKM Fashion, Yogyakarta |
Subjek: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 09:49 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 09:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |