IMPLEMENTASI TEKNIK RETRIEVAL AUGMENTED GENERATION (RAG) DALAM PENGEMBANGAN CHATBOT BERBASIS LLM (STUDI KASUS: FORRIZ HOTEL YOGYAKARTA)

WIJAYA, MUHAMMAD HARISH (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK RETRIEVAL AUGMENTED GENERATION (RAG) DALAM PENGEMBANGAN CHATBOT BERBASIS LLM (STUDI KASUS: FORRIZ HOTEL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakrata.

[thumbnail of 1_Naskah TA lengkap_123210011.pdf] Text
1_Naskah TA lengkap_123210011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2_Halaman Pengesahan Pembimbing_123210011.pdf] Text
2_Halaman Pengesahan Pembimbing_123210011.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan Penguji_123210011.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan Penguji_123210011.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4_Abstrak_123210011.pdf] Text
4_Abstrak_123210011.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 5_Cover_123210011.pdf] Text
5_Cover_123210011.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 6_Daftar Isi_123210011.pdf] Text
6_Daftar Isi_123210011.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 7_Daftar Pustaka_123210011.pdf] Text
7_Daftar Pustaka_123210011.pdf

Download (577kB)

Abstract

ABSTRAK
Hotel Forriz Yogyakarta saat ini masih mengandalkan layanan WhatsApp Business
dalam menjawab pertanyaan dari tamu sehingga masih ketergantungan oleh manusia. Untuk
meningkatkan kualitas pelayanan, dibutuhkan solusi berupa chatbot generatif yang mampu
memberikan informasi secara otomatis, terkini, dan dinamis. Chatbot yang bersifat generatif
membutuhkan dukungan dari Large Language Model (LLM) agar dapat memahami dan
menjawab berbagai pertanyaan dengan fleksibel. Namun, LLM memiliki keterbatasan
karena tidak memiliki akses langsung ke sumber informasi spesifik milik hotel, sehingga
jawaban yang dihasilkan tidak relevan dan berpotensi halusinasi jawaban.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan penerapan teknik
Retrieval Augmented Generation (RAG) dalam pengembangan chatbot berbasis LLM agar
dapat memiliki informasi seputar Hotel Forriz Yogyakarta sehingga mengatasi potensi
halusinasi. Proses RAG terdiri dari proses indexing, retrieval, dan generation. Saat pengguna
mengajukan pertanyaan, sistem akan mengambil potongan informasi (chunks) yang relevan,
lalu digunakan oleh LLM untuk menghasilkan jawaban yang sesuai. Sistem kemudian diuji
dengan skenario parameter pada bagian retrieval dan generation untuk mengetahui
pengaruhnya terhadap kinerja dari RAG. Evaluasi dilakukan menggunakan framework
RAGAS dengan 15 test set yang berisi input pengguna, jawaban, referensi (ground truth),
dan konteks hasil retrieval.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik RAG berhasil meningkatkan
relevansi jawaban serta mengatasi potensi halusinasi jawaban dari LLM. Dari skenario
percobaan yang dilakukan, ditemukan bahwa nilai parameter pada retrieval dan generation
memengaruhi sistem RAG. Selain itu, teknik character-based chunking maupun structure
based chunking pada proses indexing dapat menghasilkan chunks yang relevan. Kemudian,
evaluasi terhadap 15 test set menunjukkan hasil rata-rata metrik Context Precision sebesar
0.889, Context Recall sebesar 1.000, Faithfulness sebesar 0.882, dan Answer Relevancy
sebesar 0.851. Skor tersebut menunjukkan bahwa sistem mampu mengambil konteks yang
relevan, menghasilkan jawaban yang sesuai dengan ground truth, serta relevan terhadap
pertanyaan. Temuan ini juga diperkuat oleh hasil validasi langsung dari stakeholder Hotel
Forriz, yang menunjukkan bahwa 15 jawaban dari test set yang dihasilkan oleh sistem
dengan teknik RAG dinilai sesuai dengan ground truth.
Kata Kunci: RAG, LLM, Chatbot, Halusinasi
vi
ABSTRACT
Hotel Forriz Yogyakarta currently relies on WhatsApp Business to respond to guest
inquiries, making it heavily dependent on human intervention. To improve service quality, a
solution in the form of a generative chatbot is needed, which can automatically provide up
to-date and dynamic information. A generative chatbot requires support from a Large
Language Model (LLM) to flexibly understand and answer various questions. However,
LLM have limitations as they do not have direct access to the hotel’s specific information
sources, which may result in irrelevant or hallucinated answers.
To address this issue, this study proposes the implementation of Retrieval Augmented
Generation (RAG) techniques in the development of an LLM-based chatbot so it can access
information related to Hotel Forriz Yogyakarta, thus minimizing the potential for
hallucinated answers. The RAG process consists of indexing, retrieval, and generation.
When a user submits a question, the system retrieves relevant pieces of information, which
are then used by the LLM to generate appropriate answers. The system was tested using
parameter scenarios in both retrieval and generation stages to evaluate their impact on RAG
performance. Evaluation was conducted using the RAGAS framework with 15 test sets
consisting of user input, generated responses, references (ground truth), and retrieved
context.
The findings indicate that the implementation of RAG enhances the relevance of
responses and helps reduce hallucination risks when using LLMs. Experimental scenarios
revealed that parameter values in both retrieval and generation stages influence system
performance. Furthermore, both character-based and structure-based chunking techniques
during indexing produced relevant chunks. Evaluation across the 15 test sets resulted in
average scores of 0.889 for Context Precision, 1.000 for Context Recall, 0.882 for
Faithfulness, and 0.851 for Answer Relevancy. These scores indicate that the system
effectively retrieves relevant context, generates answers consistent with the ground truth,
and maintains response relevance. These findings are also supported by direct validation
from Hotel Forriz stakeholders, who confirmed that the 15 answers generated by the RAG
based system matched the expected ground truths.
Keywords: RAG, LLM, Chatbot, Hallucination
vii

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RAG, LLM, Chatbot, Halusinasi
Subjek: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Informatika
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:48
Last Modified: 15 Sep 2025 09:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43695

Actions (login required)

View Item View Item