UNSPECIFIED (2025) PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN PER KAPITA: METODE PANEL INSTRUMENTAL VARIABLE DI INDONESIA TAHUN 2014-2023. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Abstrak_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Pengesahan_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Skripsi_Regina Angie Angelina Ragaskartika_143210003.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
INTISARI
Pendidikan memainkan peran penting dalam mengembangkan sumber daya
manusia berkualitas tinggi, meningkatkan daya saing dan produktivitas, serta
berkontribusi pada peningkatan pendapatan per kapita. Penelitian ini mengkaji
dampak kausal pendidikan terhadap pendapatan per kapita di 34 provinsi di
Indonesia selama periode 2014–2023 dengan menggunakan metode Instrumental
Variable (IV). Pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan digunakan sebagai
variabel instrumen untuk mengatasi masalah endogenitas antara pendidikan dan
pendapatan per kapita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran
pemerintah di bidang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Rata
rata Lama Sekolah (RLS), namun tidak berpengaruh langsung terhadap Produk
Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita, sehingga instrumen ini dinyatakan
valid dan relevan. Selain itu, RLS terbukti berpengaruh positif dan signifikan
terhadap PDRB per kapita, yang mengindikasikan bahwa peningkatan pendidikan
berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Temuan
ini mendukung teori modal manusia dan sejalan dengan studi sebelumnya yang
menekankan pentingnya pendidikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan
mengurangi ketimpangan antar wilayah. Secara keseluruhan, pendidikan terbukti
berperan strategis dalam meningkatkan pendapatan per kapita dan kesejahteraan
masyarakat di Indonesia.
Kata Kunci: Pendidikan, Pendapatan Per Kapita, Instrumental Variable,
Pembangunan Ekonomi
x
ABSTRACT
Education plays a crucial role in developing high-quality human resources,
enhancing competitiveness and productivity, and thereby contributing to increased
per capita income. This study examines the causal impact of education on per capita
income across 34 provinces in Indonesia over the period 2014–2023 using the
Instrumental Variable (IV) method. Government expenditure on education is
employed as an instrumental variable to address the endogeneity issue between
education and per capita income. The results indicate that government spending on
education has a positive and significant effect on the Mean Years of Schooling
(MYS), but does not have a direct effect on Gross Regional Domestic Product
(GRDP) per capita, confirming the validity and relevance of the instrument.
Furthermore, MYS is found to have a positive and significant effect on GRDP per
capita, suggesting that improvements in education contribute to higher income and
societal welfare. These findings support human capital theory and are consistent
with previous studies emphasizing the importance of education in promoting
economic growth and reducing regional disparities. Overall, education is shown to
play a strategic role in increasing per capita income and improving welfare in
Indonesia.
Keywords: Education, Per Capita Income, Instrumental Variable, Economic
Development.
xi
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pendapatan Per Kapita, Instrumental Variable, Pembangunan Ekonomi |
Subjek: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:20 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |