EFEKTIVITAS KAMPANYE “BERSIHKAN PIRINGMU” DALAM MENGURANGI LIMBAH MAKANAN DI CINA

APRILIANDO, MUHAMMAD FIRQIE (2025) EFEKTIVITAS KAMPANYE “BERSIHKAN PIRINGMU” DALAM MENGURANGI LIMBAH MAKANAN DI CINA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_151210096_M Firqie A.pdf] Text
2_Cover_151210096_M Firqie A.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_151210096_M Firqie A.pdf] Text
3_Abstrak_151210096_M Firqie A.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4_Halaman pengesahan_151210096_M Firqie A.pdf] Text
4_Halaman pengesahan_151210096_M Firqie A.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 5_Daftar isi_151210096-M Firqie A.pdf] Text
5_Daftar isi_151210096-M Firqie A.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 6_daftar pustaka_151210096_M Firqie A.pdf] Text
6_daftar pustaka_151210096_M Firqie A.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_151210096_M Firqie A.pdf] Text
1_Skripsi full_151210096_M Firqie A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Cina menghadapi tantangan serius dalam pengelolaan limbah makanan yang mencapai
puluhan juta ton setiap tahunnya diperparah oleh faktor budaya mianzi (gengsi) yang
mendorong kebiasaan memesan makanan berlebihan. Untuk mengatasi masalah
kompleks ini, evaluasi efektivitas Kampanye “Bersihkan Piringmu” dilakukan, yang
mana kampanye ini berevolusi dari inisiatif akar rumput yang dipelopori oleh jurnalis
Xu Zhijun menjadi kebijakan nasional yang didukung Undang-Undang Anti Sampah
Makanan (2021). Tujuan penelitian adalah menganalisis bagaimana kampanye ini
mampu mentransformasi perilaku masyarakat. Kerangka pemikiran yang digunakan
adalah Green Social Movement dan Theory of Planned Behavior (TPB). Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik studi pustaka dan analisis
konten. Hasil temuan menunjukkan bahwa kampanye ini efektif karena berhasil
merekonstruksi norma sosial (mianzi), membentuk sikap positif melalui edukasi, dan
memperkuat kontrol perilaku melalui regulasi hukum yang tegas serta inovasi
teknologi. Simpulan temuan penelitian ini yakni bahwa keberhasilan kampanye ini
terletak pada sinergi antara pendekatan top-down pemerintah dan partisipasi bottom
up masyarakat, didukung oleh kerangka hukum yang kuat yang menciptakan
perubahan perilaku konsumsi yang sistemik dan berkelanjutan.
Kata kunci : Efektivitas Kampanye, Limbah Makanan, Transformasi Perilaku,
Green Social Movement, Theory of Planned Behavior

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD FIRQIE APRILIANDO (Penulis-151210096) ; Melaty Anggraini (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kampanye, Limbah Makanan, Transformasi Perilaku, Green Social Movement, Theory of Planned Behavior
Subjek: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:31
Last Modified: 28 Aug 2025 04:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43575

Actions (login required)

View Item View Item