NAFIS, MUHAMMAD (2025) KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH INFORMATION QUALITY DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI RUANG GURU DI YOGYAKARTA. Tesis thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_141212025_MUHAMMAD NAFIS.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_141212025_MUHAMMAD NAFIS.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_141212025_MUHAMMAD NAFIS.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_141212025_MUHAMMAD NAFIS.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_141212025_MUHAMMAD NAFIS.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
1. TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Information Quality dan
Perceived Ease of Use terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan
sebagai variabel mediasi pada pengguna aplikasi Ruang Guru di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural
Equation Modeling (SEM). Data dikumpulkan melalui survei menggunakan
kuesioner yang melibatkan 110 responden pengguna aplikasi Ruang Guru. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Information Quality dan Perceived Ease of Use
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Selain itu,
Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan. Temuan juga mengungkapkan bahwa Information Quality dan
Perceived Ease of Use secara tidak langsung memengaruhi Loyalitas Pelanggan
melalui Kepuasan Pelanggan sebagai mediasi. Penelitian ini memberikan
kontribusi dalam pemahaman terkait pentingnya kualitas informasi dan kemudahan
penggunaan sebagai elemen utama dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas
pelanggan pada aplikasi pembelajaran digital. Implikasi manajerial dari hasil
penelitian ini adalah pentingnya menjaga kualitas informasi yang sesuai dengan
kebutuhan pengguna dan terus meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi agar
dapat membangun kepuasan yang berdampak pada loyalitas jangka panjang.
Kata Kunci: Information Quality, Perceived Ease of Use, Kepuasan Pelanggan,
Loyalitas Pelanggan.
Item Type: | Tugas Akhir (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | MUHAMMAD NAFIS (Penulis-241212025) ; Wisnalmawati (Pembimbing 1) , Widhy Tri Astuti (Pembimbing 2) |
Uncontrolled Keywords: | Information Quality, Perceived Ease of Use, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan. |
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S2) Magister Manajemen |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:22 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |