STRATEGI KOMUNIKASI HOTEL PATRA MALIOBORO YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF

Ginting, Febi Yohanna (2025) STRATEGI KOMUNIKASI HOTEL PATRA MALIOBORO YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf] Text
2. Cover_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf] Text
3. Abstrak_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4. Halamaan Pengesahan_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf] Text
4. Halamaan Pengesahan_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf] Text
5. Daftar Isi_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_154210027_Febi Yohanna Ginting.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Pesatnya perkembangan industri perhotelan di kota Yogyakarta menciptakan
persaingan yang semakin ketat, menuntut setiap hotel untuk secara aktif
membangun dan mempertahankan citra positif di mata publik guna menarik minat
dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi
komunikasi yang diterapkan oleh Hotel Patra Malioboro Yogyakarta dalam
membangun citra yang positif di tengah persaingan industri perhotelan yang ketat.
Penelitian menggunakan konsep strategi komunikasi Cutlip, Center and Broom
pada tahapan perencanaan komunikasi dan didukung Theory of Planning oleh
Charles Berger. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan
pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam
dengan pihak manajemen hotel, observasi langsung, serta dokumentasi dan analisis
ulasan dari tamu dan masyarakat sekitar. Dari hasil penelitian yang dilakukan,
diperoleh bahwa strategi komunikasi Hotel Patra Malioboro Yogyakarta dalam
membangun citra positif dalam aktivitasnya melalui beberapa tahapan di antaranya
pencarian data atau fakta mengenai apa yang menjadi masalah di tamu dan
masyarakat (defining the problem) ,merencanakan program komunikasi yang tepat
sasaran (planning and programming), melakukan komunikasi dalam pelaksanaan
program (taking action and communicating), serta melakukan evaluasi secara
internal dan eksternal (evaluating the program). Strategi komunikasi yang
dilakukan mencakup strategi komunikasi multi-saluran dengan menyesuaikan
target. Dengan demikian setiap tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini
membangun citra positif perusahaan melalui komunikasi yang terencana dan
terstruktur.
Kata Kunci: Komunikasi, Strategi, Hotel, Citra, Yogyakarta

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Febi Yohanna Ginting (Penulis - 154210027) ; Dewi Novianti (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Strategi, Hotel, Citra, Yogyakarta
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Hubungan Masyarakat
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:29
Last Modified: 31 Jul 2025 06:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43341

Actions (login required)

View Item View Item