SEPTIARANI, AISYAH (2025) STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN COKLAT PADA PT DETIGA KULINDO JOGJA DI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_135210020_Aisyah Septiarani.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_135210020_Aisyah Septiarani.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_135210020_Aisyah Septiarani.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_135210020_Aisyah Septiarani.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_135210020_Aisyah Septiarani.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Full Text_135210020_Aisyah Septiarani.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PT Detiga Kulindo Jogja adalah UMKM di bidang kuliner yang memproduksi
olahan coklat kacang, namun menghadapi masalah kurangnya brand awareness
yang berdampak pada minimnya penjualan di marketplace. Penelitian bertujuan
untuk (1) mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam proses
pemasaran produk olahan coklat PT Detiga Kulindo Jogja, (2) menganalisis
alternatif-alternatif strategi pemasaran produk olahan coklat pada PT Detiga
Kulindo Jogja, (3) menganalisis keputusan strategi prioritas pemasaran produk
olahan coklat untuk PT Detiga Kulindo Jogja. Metode penelitian menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus dan pengambilan data
responden secara purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, Focus
Group Discussion (FGD), wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode
analisis menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External
Factor Evaluation), matriks IE (Internal-Eksternal), SWOT (Strength,
Weaknesses, Opportunities, Threats), dan AHP (Analytical Hierarchy Process).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor internal PT Detiga Kulindo Jogja
kekuatan utama pada indikator produk, kelemahan utama terdapat pada indikator
diversifikasi produk. Faktor eksternal, peluang utama yaitu penyediaan teknologi
informasi dan pemasaran digital, sedangkan ancaman utama yaitu adanya usaha lain
dengan produk sejenis. (2) Alternatif strategi yang dihasilkan oleh matriks SWOT
pada strategi SO (Strengths-Opportunities) antara lain optimalisasi inovasi produk
untuk meningkatkan daya saing dan menarik minat konsumen, memperluas
jangkauan pasar melalui distribusi yang efektif dan pemasaran digital, membangun
citra produk yang kuat dengan jaminan kualitas dan sertifikasi, serta meningkatkan
efektivitas pemasaran dengan strategi promosi terintegrasi. (3) Keputusan prioritas
strategi pemasaran melalui metode AHP adalah optimalisasi inovasi produk untuk
meningkatkan daya saing dan menarik minat konsumen.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, IE, SWOT, AHP
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | AISYAH SEPTIARANI (Penulis-135210020) ; Ni Made Suyastiri Yani Permai (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, IE, SWOT, AHP |
Subjek: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:57 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |