STRATEGI FILM MARKETING AGAK LAEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN X: ANALISIS ATAS KESUKSESAN DI PASAR FILM INDONESIA

Arieb, Ammar Muhammad (2025) STRATEGI FILM MARKETING AGAK LAEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN X: ANALISIS ATAS KESUKSESAN DI PASAR FILM INDONESIA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf] Text
2. Cover_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf] Text
3. Abstrak_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153200128_Ammar Muhammad Arieb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas strategi film marketing dalam promosi film Agak Laen
melalui media sosial Instagram dan X (sebelumnya Twitter) atas kesuksesan film
tersebut yang mencatat jumlah penonton terbanyak di Indonesia pada 2024.
Penelitian ini penting mengingat fenomena viral menyertai peluncuran film ini dan
peran dari media sosial turut mendukung suksesnya film ini. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui
wawancara bersama narasumber dari agensi pemasaran Rhaya Vox dan audiens
media sosial film Agak Laen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan
film ini tidak terlepas dari penerapan strategi pemasaran yang terstruktur,
sistematis, dan intensif. Penggunaan jasa digital agency dalam promosi film ini
terbukti efektif, melalui penyusunan kampanye yang terencana, pembentukan citra
film yang kuat, segmentasi audiens yang tepat, serta produksi konten yang menarik
dan mendorong keterlibatan audiens (engagement). Keberhasilan strategi ini
diperkuat oleh maraknya electronic word of mouth (E-WOM) di media sosial yang
memperluas eksposur film. Namun, penelitian juga menemukan bahwa
pemanfaatan platform X belum maksimal. Sebagian besar percakapan seputar film
di platform tersebut berasal dari akun pihak ketiga, bukan kanal resmi film. Hal ini
menunjukkan adanya ruang untuk pengembangan strategi film marketing yang lebih
optimal di platform X.
Kata kunci: strategi film marketing, film Agak Laen, media sosial

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Ammar Muhammad Arieb (Penulis - 153200128) ; Retno Hendariningrum (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: strategi film marketing, film Agak Laen, media sosial
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:11
Last Modified: 30 Jul 2025 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43304

Actions (login required)

View Item View Item