Milano, Agisti Eugenia (2025) KOMUNIKASI ORGANISASI PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGINTERNALISASI BUDAYA PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_153190053_Agisti Eugenia Milano.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
Abstrak_153190053_Agisti Eugenia Milano.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan_153190053_Agisti Eugenia Milano.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_153190053_Agisti Eugenia Milano.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_153190053_Agisti Eugenia Milano.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
Skripsi Fulltext_153190053_Agisti Eugenia Milano.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Bisnis ritel merupakan sektor bisnis yang memberikan kontribusi besar terhadap
perekonomian indonesia dengan menyumbangkan 53,56% produk domestic bruto
(PDB) dan menyerap 18,99% tenaga kerja indonesia. Kontribusi besar ini tidak
lepas dari pengaruh dua raksasa ritel indonesia yakni Alfamart dan Indomaret.
Persaingan Alfamart dan Indomaret mendorong masing-masing perusahaan untuk
memiliki strategi yang menjadi pembeda dengan kompetitornya. Sebagai toko
ritel terlaris tahun 2022, salah satu strategi yang digencarkan Alfamart adalah
mengoptimalkan komunikasi organisasi dengan karyawan. Komunikasi organisasi
yang dibangun bertujuan untuk menginternalisasi budaya perusahaan kepada
karyawan agar mempermudah jalannya pekerjaan sesuai nilai-nilai yang dimiliki
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi
organisasi yang dilakukan alfamart untuk menginternalisasi budaya perusahaan
kepada karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan wawancara mendalam serta menggunakan triangulasi sumber untuk
menguji keabsahan data. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi
organisasi dan teori budaya organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses
komunikasi organisasi yang dilakukan Alfamart terjadi dalam tiga bentuk yaitu
vertikal antara atasan dengan bawahan, horizontal antar sesama rekan kerja dan
diagonal antara Organizational Development dan seluruh karyawan dengan misi
menginternalisasi budaya kerja alfamart kepada karyawan. Kemudian,
Internalisasi organisasi yang dilakukan dibagi menjadi dua bagian, yaitu secara
sistem yakni serangkaian sistem yang dibuat oleh perusahaan untuk mengatur tata
kerja karyawan, kemudian internalisasi melalui event yakni serangkaian kegiatan
yang dirancang oleh tim organizational development untuk menanamkan nilai
nilai budaya kerja kepada karyawan.
Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Internalisasi, Budaya Organisasi
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Agisti Eugenia Milano (Penulis-153190053) ; Retno Hendariningrum (Pembimbing 1) , Revta Fariszy (Pembimbing 2) |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Organisasi, Internalisasi, Budaya Organisasi |
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |