STUDI FENOMENOLOGI PEMAKNAAN PERNIKAHAN DI KALANGAN PEMBUAT KONTEN DALAM TREN “MARRIAGE IS SCARY” DI TIKTOK

Fadila, Afifah Nur (2025) STUDI FENOMENOLOGI PEMAKNAAN PERNIKAHAN DI KALANGAN PEMBUAT KONTEN DALAM TREN “MARRIAGE IS SCARY” DI TIKTOK. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf] Text
2. Cover_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf] Text
3. Abstrak_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of DTS Full Text] Text (DTS Full Text)
1. Skripsi Fulltext_153210103_Afifah Nur Fadila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Di era digital, media sosial digunakan sebagai ruang untuk mengekspresikan opini dan berbagi pengalaman termasuk tentang pernikahan. Munculnya sebuah tren yang mencerimkan dinamika ini adalah tren Marriage is scary di TikTok. Tren ini memuat narasi yang berisikan ketakutan dan keraguan terhadap pernikahan khususnya di kalangan perempuan yang mencerminkan adanya perubahan pandangan terhadap nilai pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemaknaan pernikahan yang dibentuk di kalangan pembuat konten Marriage is scary di TikTok dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi Alfred Schutz. Data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada pembuat konten Marriage is scary. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterhubungan emosional antar pengguna yang memiliki stock of knowledge terkait pengalaman terhadap pernikahan yang kemudian memunculkan motif tindakan. Motif tindakan dibagi menjadi dua yaitu Because to motives yang ditunjukkan melalui alasan pengalaman pribadi dan stigma masyarakat. Sementara itu, in order to motives tercermin dari keinginan untuk meningkatkan kesadaran realitas pernikahan, menemukan kesamaan pandangan, menyuarakan keresahan, dan mengikuti algoritma. Narasi ini menjadikan TikTok sebagai ruang konstruksi makna dan refleksi atas perubahan nilai sosial tentang pernikahan. Para pembuat konten memaknai pernikahan sebagai sesuatu yang kompleks, penuh tantangan, dan tidak selalu identik dengan kebahagiaan. Namun hal ini tidak mendorong mereka menolak pernikahan melainkan mendorong diskusi mengenai pentingnya relasi yang setara sebagai solusi terhadap perubahan nilai tersebut.

Kata kunci: Marriage is scary, TikTok, Pernikahan, Fenomenologi, media sosial

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Afifah Nur Fadila (Penulis - 153210103) ; Retno Hendariningrum (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Marriage is scary, TikTok, Pernikahan, Fenomenologi, media sosial
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:13
Last Modified: 24 Jul 2025 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43269

Actions (login required)

View Item View Item