MANALU, EVYFANY (2025) STRATEGI KOREA SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN INDONESIA PASCA PANDEMI. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_151190002_Evyfany Manalu.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_151190002_Evyfany Manalu.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_151190002_Evyfany Manalu (1).pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_151190002_Evyfany Manalu.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_151190002_Evyfany Manalu.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_151190002_Evyfany Manalu.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_151190002_Evyfany Manalu.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi diplomasi publik yang
dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan dalam upaya meningkatkan kunjungan
wisatawan Indonesia pasca pandemi COVID-19. Korea Selatan merupakan negara
yang berhasil memanfaatkan kekuatan budaya populer atau soft power, khususnya
melalui fenomena Korean Wave (Hallyu), sebagai instrumen diplomasi publik
untuk memperkuat citra nasional dan mempromosikan sektor pariwisata. Fenomena
ini semakin diperkuat dengan strategi komunikasi yang terstruktur oleh aktor-aktor
negara dan non-negara, seperti Korea Tourism Organization (KTO), melalui
berbagai kampanye promosi digital, penyederhanaan kebijakan visa, serta
penyelenggaraan festival budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis berdasarkan teori soft power oleh
Joseph Nye dan tiga dimensi diplomasi publik menurut Mark Leonard, yaitu news
management, strategic communication, dan relationship building. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Korea Selatan secara aktif mengelola informasi,
memanfaatkan media digital dan selebritas K-Pop sebagai duta promosi, serta
membangun relasi emosional dengan masyarakat Indonesia melalui berbagai
program pertukaran dan promosi wisata. Strategi ini terbukti efektif dalam
meningkatkan kembali minat wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Korea
Selatan, meskipun tantangan seperti ketidakpastian global dan isu kesehatan tetap
menjadi hambatan. Melalui diplomasi publik yang komprehensif dan adaptif, Korea
Selatan berhasil mengintegrasikan kekuatan budaya, teknologi, dan kebijakan
untuk membentuk persepsi positif serta memperkuat hubungan bilateral dengan
Indonesia dalam sektor pariwisata.
Kata Kunci: Diplomasi Publik, Soft Power, Korea Selatan, Wisatawan Indonesia,
Strategi Pariwisata, Pasca Pandemi
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Evyfany Manalu (Penulis - 151190002) ; Melaty Anggraini (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Diplomasi Publik, Soft Power, Korea Selatan, Wisatawan Indonesia, Strategi Pariwisata, Pasca Pandemi |
Subjek: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional (S1) |
Depositing User: | Indah Lestari |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |