APRILIA, ANGGITA ERLINA (2025) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA APLIKASI JOGJALOWKER MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) DAN COGNITIVE WALKTHROUGH. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover Skripsi _124210034_Anggita Erlina Aprilia.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
Abstrak Skripsi _124210034_Anggita Erlina Aprilia.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Skripsi _124210034_Anggita Erlina Aprilia.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi Skripsi _124210034_Anggita Erlina Aprilia.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi _124210034_Anggita Erlina Aprilia.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi _124210034_Anggita Erlina Aprilia.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf Download (861kB) |
Abstract
Jogjalowker merupakan portal informasi lowongan kerja online yang hanya fokus di
wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Semakin berkembangnya
teknologi dan terus meningkatnya kebutuhan akan akses informasi yang lebih luas dan cepat,
Jogjalowker berinovasi dengan mengembangkan aplikasi Jogjalowker untuk memperluas
jangkauan sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para pencari kerja dan perusahaan.
Namun belakangan ini sering terjadi permasalahan pada saat menggunakan aplikasi.
Pengguna merasa kebingungan dalam melakukan proses apply lowongan pekerjaan,
sehingga mengakibatkan banyaknya pertanyaan yang diterima admin Jogjalowker dan
mengganggu pekerjaan admin. Selain itu, diketahui bahwa aplikasi tersebut belum pernah
dilakukan evaluasi terkait user experience sejak peluncurannya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengukur pengalaman pengguna dan mengidentifikasi masalah usability terhadap
aplikasi Jogjalowker. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode User
Experience Questionnaire (UEQ) dan metode Cognitive Walkthrough. Metode UEQ
menggunakan kuesioner untuk mengukur 6 aspek yaitu, attractiveness, perspicuity,
efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Sedangkan metode Cognitive
Walkthrough menggunakan skenario tugas yang dilakukan responden untuk mengetahui
permasalahan pada aplikasi Jogjalowker berdasarkan hasil success rate, task time, number
of errors, dan wawancara dengan responden. Hasil pengukuran user experience menunjukan
bahwa aplikasi Jogjalowker pada aspek attractiveness, efficiency, dependability, stimulation,
dan novelty masih termasuk dalam kategori bad, sedangkan aspek perspicuity termasuk
dalam kategori below average. Hasil analisis permasalahan menunjukkan adanya 9
permasalahan yang ditemukan terdapat pada 7 skenario tugas sehingga perlu adanya
perbaikan yang dilakukan. Rekomendasi perbaikan ini diharapkan dapat membantu
jogjalowker untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada aplikasi Jogjalowker.
Kata kunci: User Experience, Jogjalowker, User Experience Questionnaire (UEQ),
Cognitive Walkthrough
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ANGGITA ERLINA APRILIA (Penulis-124210034) ; Yuli Fauziah (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | User Experience, Jogjalowker, User Experience Questionnaire (UEQ), Cognitive Walkthrough |
Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik Industri > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:36 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:36 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |