ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN TRAVELOKA VERSI “TRAVELING” DAN “KEINDAHAN NUSANTARA”

Sulfitri, Dian (2016) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN TRAVELOKA VERSI “TRAVELING” DAN “KEINDAHAN NUSANTARA”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 01 Cover.pdf]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 02 Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
02 Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03 Abstrak Indonesia.pdf]
Preview
Text
03 Abstrak Indonesia.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 04 Abstract English.pdf]
Preview
Text
04 Abstract English.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 05 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
05 Daftar Isi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Iklan youtube Traveloka versi “Traveling” dan
“Keindahan Nusantara”. Iklan tersebut mengajak audiens untuk memajukan
pariwisata Indonesia dengan mengunjungi obyek-obyek wisata dalam negeri. Akan
tetapi, iklan tersebut juga mempromosikan merk Traveloka secara implisit. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui pemaknaan audiens terhadap iklan Traveloka
versi “Traveling dan Keindahan Nusantara” yang tayang di Youtube. Audiens yang
dipilih adalah laki-laki dan perempuan usia dewasa yang berasal dari berbagai latar
belakang budaya, sosial, pendidikan, pekerjaan. Hal ini memungkinkan terjadinya
keberagaman pemaknaan iklan dari audiens yang dipilih. Teori utama yang dipakai
yakni teori televisual tentang model encoding dan decoding dan posisi pemaknaan
audiens Stuart Hall, konsep audiens aktif Frank Biocca. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian
menemukan bahwa ada tiga tipe pemaknaan audiens. Pertama audiens yang
memaknai iklan dengan apa adanya, sesuai dengan makna dominan yang
ditawarkan. Tidak ada perbedaan yang berarti antara preffered reading teks dengan
hasil pemaknaannya. Kedua, audiens yang tidak hanya membaca berdasar konsep
yang ditawarkan iklan tetapi mereka juga melakukan negosiasi makna dominan
iklan. Meski mereka memaknai penggambaran pariwisata dan kemudahan yang di
tawarkan aplikasi Traveloka dalam iklan, tetapi disisi lain juga membangun wacana
sendiri berdasar pengalaman hidup dan pengetahuan yang mereka miliki. Ketiga,
audiens yang memaknai teks iklan berlawanan (oposisi) dari makna dominan yang
ditawarkan. Bahkan, mereka bersikap lebih kritis dan cenderung menolak
penafsiran yang dominan

Kata kunci : analisis resepsi, iklan traveloka, audiens aktif

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:06
Last Modified: 23 Jun 2016 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item