Sulfitri, Dian (2016) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN TRAVELOKA VERSI “TRAVELING” DAN “KEINDAHAN NUSANTARA”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
01 Cover.pdf Download (74kB) | Preview |
Preview |
Text
02 Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
03 Abstrak Indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
Preview |
Text
04 Abstract English.pdf Download (31kB) | Preview |
Preview |
Text
05 Daftar Isi.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Iklan youtube Traveloka versi “Traveling” dan
“Keindahan Nusantara”. Iklan tersebut mengajak audiens untuk memajukan
pariwisata Indonesia dengan mengunjungi obyek-obyek wisata dalam negeri. Akan
tetapi, iklan tersebut juga mempromosikan merk Traveloka secara implisit. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui pemaknaan audiens terhadap iklan Traveloka
versi “Traveling dan Keindahan Nusantara” yang tayang di Youtube. Audiens yang
dipilih adalah laki-laki dan perempuan usia dewasa yang berasal dari berbagai latar
belakang budaya, sosial, pendidikan, pekerjaan. Hal ini memungkinkan terjadinya
keberagaman pemaknaan iklan dari audiens yang dipilih. Teori utama yang dipakai
yakni teori televisual tentang model encoding dan decoding dan posisi pemaknaan
audiens Stuart Hall, konsep audiens aktif Frank Biocca. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian
menemukan bahwa ada tiga tipe pemaknaan audiens. Pertama audiens yang
memaknai iklan dengan apa adanya, sesuai dengan makna dominan yang
ditawarkan. Tidak ada perbedaan yang berarti antara preffered reading teks dengan
hasil pemaknaannya. Kedua, audiens yang tidak hanya membaca berdasar konsep
yang ditawarkan iklan tetapi mereka juga melakukan negosiasi makna dominan
iklan. Meski mereka memaknai penggambaran pariwisata dan kemudahan yang di
tawarkan aplikasi Traveloka dalam iklan, tetapi disisi lain juga membangun wacana
sendiri berdasar pengalaman hidup dan pengetahuan yang mereka miliki. Ketiga,
audiens yang memaknai teks iklan berlawanan (oposisi) dari makna dominan yang
ditawarkan. Bahkan, mereka bersikap lebih kritis dan cenderung menolak
penafsiran yang dominan
Kata kunci : analisis resepsi, iklan traveloka, audiens aktif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 03:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 03:06 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |