PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEY OPINION LEADER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SKINCARE SOMETHINC

FANY, FARADIBA ANTIKA (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEY OPINION LEADER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SKINCARE SOMETHINC. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_COVER_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf] Text
2_COVER_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 3_ABSTRAK_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf] Text
3_ABSTRAK_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4_HALAMAN PENGESAHAN_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf] Text
4_HALAMAN PENGESAHAN_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 5_DAFTAR ISI_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf] Text
5_DAFTAR ISI_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 6_DAFTAR PUSTAKA_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf] Text
6_DAFTAR PUSTAKA_152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1_SKRIPSI FULL _152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf] Text
1_SKRIPSI FULL _152210145_FARADIBA ANTIKA FANY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Electronic
word of mouth dan Key Opinion Leader terhadap Purchase Intention Melalui Brand
image Sebagai Variabel Intervening. Jenis Penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang
diambil dari Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2021-2024. Teknik
sampling yang digunakan adalah non probability sampling yaitu sampling jenuh.
Data penelitian ini merupakan data primer. Analisis data menggunakan analisis
statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial menggunakan metode Struktural
Equation Modelling atau SEM dengan menggunakan SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic word of mouth
berpengaruh signifikan terhadap Brand image, Key Opinion leader berpengaruh
signifikan terhadap Brand image, Electronic word of mouth berpengaruh signifikan
terhadap Purchase Intention, Key Opinion leader berpengaruh signifikan terhadap
Purchase Intention, Brand image berpengaruh signifikan terhadap Purchase
Intention, Electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap Purchase
Intention melalui Brand image, Key Opinion leader berpengaruh signifikan
terhadap Purchase Intention melalui Brand image.
Berdasarkan hasil penelitian, electronic word of mouth Somethinc di sosial
media dapat ditingkatkan kelengkapan informasinya, dengan mendorong lebih
banyak testimoni dan dapat memberikan feedback agar semakin banyak ulasan dari
konsumen. Key opinion leader yang bekerja sama dengan Somethinc dapat
ditingkatkan dengan menambah kepercayaan konsumen dengan bukti pengalaman
nyata sebelum dan sesudah pemakaian, interaksi dengan pengikut, dan memberikan
testimoni lebih mendalam. Peningkatan brand image sebagai mediasi melalui
ulasan, rekomendasi, dan promosi agar terbentuk citra merek Somethinc yang kuat
dan meningkatkan purchase intention.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Key opinion Leader,Purchase Intention,
Brand image

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Faradiba Antika Fany (Penulis - 152210145) ; Humam Santosa Utomo (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Key opinion Leader,Purchase Intention, Brand image
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:30
Last Modified: 25 Jun 2025 07:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42843

Actions (login required)

View Item View Item