EVALUASI USER INTERFACE PADA APLIKASI LIVIN BY MANDIRI MENGGUNAKAN NET PROMOTER SCORE (NPS) (Studi pada Mahasiswa FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta)

Budiansyah, Andhika Rizky (2025) EVALUASI USER INTERFACE PADA APLIKASI LIVIN BY MANDIRI MENGGUNAKAN NET PROMOTER SCORE (NPS) (Studi pada Mahasiswa FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf] Text
Cover_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Abstrak_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf] Text
Abstrak_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf] Text
Daftar Isi_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf] Text
Daftar Pustaka_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hasil net
promoter score yang bertujuan untuk menciptakan user-centered interface. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah data primer, diperoleh melalui penyebaran
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
menggunakan net promoter score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Livin’ by Mandiri masih
kurang memuaskan bagi pengguna, dengan dominasi rating bintang satu
sebanyak 92,73%. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas responden termasuk
dalam kategori detractor, yang berarti memiliki tingkat loyalitas yang rendah.
Meski demikian, beberapa responden menganggap Livin' by Mandiri sebagai
aplikasi yang konsisten dan praktis untuk digunakan, sehingga tidak diperlukan
bantuan ahli dalam penggunaannya. Namun, meskipun aplikasi ini dinilai praktis,
beberapa pengguna tetap mengalami kesulitan memahami fitur karena integrasi
sistem yang belum optimal.
Berdasarkan temuan penelitian, Livin’ by Mandiri dapat mengambil
langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Beberapa
solusi yang dapat diterapkan adalah melalui panduan aplikasi, personalisasi fitur,
dan usability testing berkala. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan aplikasi
dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna.
Kata kunci: Net Promoter Score, User Interface, User Experience, Livin’ by
Mandiri, User-Centered Design, Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Andhika Rizky Budiansyah (Penulis-152210001) ; Keny Rahmawati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Net Promoter Score, User Interface, User Experience, Livin’ by Mandiri, User-Centered Design, Customer Satisfaction.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:40
Last Modified: 18 Jun 2025 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42755

Actions (login required)

View Item View Item