ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS: TOKO BABARSARI KOPERASI PEGAWAI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

Murtadlo, Abdullah Ubab Ali (2025) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS: TOKO BABARSARI KOPERASI PEGAWAI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf] Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan Penguji.pdf] Text
Halaman Pengesahan Penguji.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 124190071 - Naskah Tugas Akhir.pdf] Text
124190071 - Naskah Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Toko Babarsari merupakan salah satu layanan toko di unit usaha niaga Koperasi
Pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta. Meskipun telah mengimplementasikan sistem
manajemen terpusat untuk mengelola data-data penting yang dibutuhkan seperti data
penjualan dan data pasokan produk untuk setiap cabangnya, Koperasi Pegawai UPN
“Veteran” Yogyakarta belum memanfaatkan secara maksimal potensi besar dari data yang
terkumpul. Terutama pemanfaatan data transaksi dalam hal analisis pola pembelian
konsumen. Memahami pola pembelian konsumen sangat penting terutama bagi pelaku
bisnis, karena informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk merancang strategi pemasaran
yang efektif dan tepat sasaran, menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen di Toko
Babarsari dan menyusun rekomendasi strategi penjualan berdasarkan pola pembelian
konsumen yang ditemukan. Pada penelitian ini pembuatan sistem analisis pola pembelian
konsumen dilakukan dengan menggunakan metode waterfall, yang meliputi tahap analisis
kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Sedangkan metode untuk melakukan
analisis pola pembelian konsumen adalah metode association rules, dengan algoritma FP
Growth. Data yang digunakan bersumber dari data penjualan Toko Babarsari selama bulan
Januari, Februari, dan Maret 2024. Tahapan analisis asosiasi pada penelitian ini meliputi
pembersihan data, integrasi data, seleksi data, transformasi data, dan data mining association
rules.
Analisis asosiasi dilakukan terhadap 8.984 data transaksi dan 1.866 jenis barang.
Batas nilai minimum support ditetapkan sebesar 0,1% dan nilai minimum confidence sebesar
10% untuk menyaring aturan asosiasi yang signifikan. Hasil analisis menunjukan bahwa
pasangan Kertas Logo Warna/Pembatas dan Kertas Logo Textur Concord merupakan aturan
dengan nilai tertinggi, yang memiliki nilai support 0,00345 dan nilai confidence 0,52542.
Temuan menarik lainnya adalah pola pembelian unik dimana konsumen yang membeli kopi
juga cenderung membeli rokok. Informasi tersebut dapat menjadi dasar penyusunan strategi
seperti bundling produk rokok dengan kopi, atau meletakan kedua jenis produk tersebut di
area yang berdekatan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk
tersebut.
Kata Kunci: Pola pembelian konsumen, Association Rules, FP-Growth

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Abdullah Ubab Ali Murtadlo (Penulis-124190071) ; Bambang Yuwono (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pola pembelian konsumen, Association Rules, FP-Growth
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:49
Last Modified: 17 Jun 2025 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42739

Actions (login required)

View Item View Item