PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN DAN DIGITAL MARKETING INTERACTIONS (DMI) (Studi Pada Obyek Wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta)

Indah, Adelia Dini Nusa (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN DAN DIGITAL MARKETING INTERACTIONS (DMI) (Studi Pada Obyek Wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_141210030_Adelia Dini Nusa Inda[1].pdf] Text
2_Cover_141210030_Adelia Dini Nusa Inda[1].pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf] Text
3_Abstrak_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_141210030_Adelia Dini Nusa Indah .pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_141210030_Adelia Dini Nusa Indah .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf] Text
5_Daftar Isi_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf] Text
1_Skripsi Full_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap niat
berkunjung kembali dengan mempertimbangkan peran kepuasan wisatawan dan
digital marketing interactions (DMI) sebagai variabel mediasi. Media sosial
menjadi salah satu alat pemasaran yang sangat berpengaruh dalam membentuk
minat wisatawan, sementara kepuasan wisatawan dan interaksi pemasaran digital
dapat memperkuat hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner kepada 200 responden yang telah mengunjungi Tumpeng
Menoreh, Kulon Progo. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural
Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung
kembali, baik secara langsung maupun melalui kepuasan wisatawan dan DMI
sebagai variabel mediasi. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pemasaran digital
yang efektif, keterlibatan aktif dengan wisatawan, serta penyediaan informasi yang
akurat melalui media sosial dapat meningkatkan loyalitas dan kunjungan ulang
wisatawan.
Kata kunci: Media Sosial, Niat Berkunjung Kembali, Kepuasan Wisatawan,
Digital Marketing Interactions (DMI).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Adelia Dini Nusa Indah (Penulis-141210030) ; Dyah Sugandini (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Niat Berkunjung Kembali, Kepuasan Wisatawan, Digital Marketing Interactions (DMI)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:00
Last Modified: 13 Jun 2025 03:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42728

Actions (login required)

View Item View Item