Indah, Adelia Dini Nusa (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN DAN DIGITAL MARKETING INTERACTIONS (DMI) (Studi Pada Obyek Wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_141210030_Adelia Dini Nusa Inda[1].pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_141210030_Adelia Dini Nusa Indah .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Full_141210030_Adelia Dini Nusa Indah.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap niat
berkunjung kembali dengan mempertimbangkan peran kepuasan wisatawan dan
digital marketing interactions (DMI) sebagai variabel mediasi. Media sosial
menjadi salah satu alat pemasaran yang sangat berpengaruh dalam membentuk
minat wisatawan, sementara kepuasan wisatawan dan interaksi pemasaran digital
dapat memperkuat hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner kepada 200 responden yang telah mengunjungi Tumpeng
Menoreh, Kulon Progo. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural
Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung
kembali, baik secara langsung maupun melalui kepuasan wisatawan dan DMI
sebagai variabel mediasi. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pemasaran digital
yang efektif, keterlibatan aktif dengan wisatawan, serta penyediaan informasi yang
akurat melalui media sosial dapat meningkatkan loyalitas dan kunjungan ulang
wisatawan.
Kata kunci: Media Sosial, Niat Berkunjung Kembali, Kepuasan Wisatawan,
Digital Marketing Interactions (DMI).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Adelia Dini Nusa Indah (Penulis-141210030) ; Dyah Sugandini (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Niat Berkunjung Kembali, Kepuasan Wisatawan, Digital Marketing Interactions (DMI) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 03:00 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 03:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |