Purwanto, Muhammad Yusuf Adi (2025) SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DAN ANALISIS RECENCY, FREQUENCY, MONETARY (RFM) UNTUK PENYUSUNAN REKOMENDASI STRATEGI PEMASARAN PADA ACHIEVE ART SPACE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
3. Cover_124180047_Muhammad Yusuf Adi Purwanto.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak_124180047_Muhammad Yusuf Adi Purwanto.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
4. Halaman Pengesahan_124180047_MuhammadYusufAdiPurwanto.pdf Download (884kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_124180047_MuhammadYusufAdiPurwanto.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_124180047_Muhammad Yusuf Adi Purwanto.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_124180047_MuhammadYusufAdiPurwanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pelanggan Achieve Art Space menggunakan model Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan Algoritma K-Means. Achieve Art Space merupakan galeri seni yang menawarkan berbagai layanan, termasuk penjualan karya seni dan program interaktif Art & Chill. Namun, pengelolaan hubungan pelanggan yang belum optimal membuat strategi pemasaran kurang efektif.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data transaksi pelanggan pada program Art & Chill selama tahun 2023. Dataset transaksi mencakup periode 1 Januari hingga 31 Desember 2023 dengan total 11.982 transaksi dari 5.211 pelanggan. Nilai RFM dihitung untuk setiap pelanggan, dan Algoritma K-Means digunakan untuk melakukan segmentasi. Hasil segmentasi menghasilkan tiga kelompok pelanggan yang berbeda, yaitu Loyal Customers dengan Customer Lifetime Value (CLV) tertinggi sebesar 0,108, Emerging Stars dengan CLV 0,071, dan Casual Visitors dengan CLV 0,032. Segmen Loyal Customers memiliki nilai CLV tertinggi, menjadikannya fokus utama untuk strategi pemasaran.
Penelitian ini menjadi acuan dalam penyusunan rekomendasi strategi pemasaran yang lebih personal dan tepat sasaran berdasarkan hasil segmentasi di Achieve Art Space.
Kata Kunci: Segmentasi Pelanggan, RFM, Algoritma K-Means, Customer Lifetime Value (CLV), Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Yusuf Adi Purwanto (Penulis - 124180047) ; Hari Prapcoyo (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Segmentasi Pelanggan, RFM, Algoritma K-Means, Customer Lifetime Value (CLV), Strategi Pemasaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Bayu Pambudi |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:22 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |