APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR

Mahardhika, Muhammad Ayi (2025) APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf] Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan Penguji.pdf] Text
Halaman Pengesahan Penguji.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_Muhammad Ayi Mahardhika_123190037.pdf] Text
SKRIPSI FULL_Muhammad Ayi Mahardhika_123190037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Pembelajaran sejarah di Sekolah Dasar seringkali dianggap membosankan karena metode pengajaran yang konvensional dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi mobile pembelajaran sejarah berbasis Augmented Reality (AR) dengan metode marker-based untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Aplikasi ini dirancang untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Ngemplik Wetan 1, dengan materi sejarah kemerdekaan Indonesia dari buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) kurikulum 2024.

Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), meliputi tahap inisiasi, pra-produksi, pengumpulan data, produksi, perancangan antarmuka, pengujian, dan rilis. Aplikasi dibangun menggunakan Unity dan Vuforia, dengan fitur utama berupa visualisasi objek 3D, materi interaktif, dan kuis evaluasi. Pengujian fungsional menunjukkan semua fitur berjalan dengan baik, sementara pengujian pengguna melibatkan 20 siswa menghasilkan rata-rata skor 4,3 dari 5 untuk aspek kemudahan penggunaan, pemahaman materi, kepuasan visual, dan motivasi belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, serta mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Aplikasi ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran inovatif bagi guru dan siswa. Saran untuk pengembangan selanjutnya adalah perluasan cakupan materi dan peningkatan performa aplikasi untuk perangkat dengan spesifikasi lebih rendah.

Kata kunci: Augmented Reality;AR; Aplikasi Mobile; Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Muhammad Ayi Mahardhika (Penulis - 123190037) ; Heriyanto (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality;AR; Aplikasi Mobile; Pembelajaran Sejarah
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 27 May 2025 01:11
Last Modified: 27 May 2025 01:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42603

Actions (login required)

View Item View Item