Reynitta, Devina (2025) PENGEMBANGAN GAME SIMULASI “FOOD TRUCK: CITA RASA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KULINER INDONESIA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Abstrak_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Penguji_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
TugasAkhir_123200114_DevinaReynitta.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Era globalisasi telah membawa pengaruh besar terhadap kuliner Indonesia, termasuk
meningkatnya popularitas makanan cepat saji atau fast food. Hal ini terlihat di kalangan
remaja terutama di kota besar, seperti di Pulau Jawa dan Bali, yang cenderung lebih
menyukai fast food dibandingkan makanan tradisional. Akibatnya, terjadi pergeseran pola
konsumsi yang tidak hanya mengancam eksistensi kuliner tradisional, tetapi juga
meningkatkan risiko obesitas serta memperbesar kesenjangan sosial-ekonomi. Untuk
mengatasi permasalahan ini, diperlukan upaya untuk mengenalkan kembali makanan
tradisional dalam masyarakat.
Pengenalan makanan tradisional dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti
metode konvensional berupa sosialisasi dan poster yang memiliki keterbatasan jangkauan,
serta media digital seperti komik dan konten daring yang lebih luas cakupannya tetapi kurang
interaktif. Sebagai alternatif, game dipilih sebagai solusi yang tidak hanya mampu
menjangkau audiens yang lebih luas tetapi juga memberikan pengalaman interaktif. Dengan
menggunakan genre simulasi, khususnya subgenre simulasi memasak, game dapat
meningkatkan keterlibatan audiens dalam mengenal kuliner Indonesia secara lebih menarik
dan mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game simulasi memasak dan
berkendara berjudul "Food Truck: Cita Rasa" sebagai media pengenalan kuliner Indonesia.
Pengembangan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) guna
memastikan kualitas optimal. Aspek capaian dalam game ini meliputi fun, functional,
balanced, internally complete, dan accessible, yang dievaluasi melalui pengujian alpha dan
beta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa game "Food Truck: Cita Rasa" berhasil
dikembangkan hingga tahap beta. Pengujian alpha menggunakan white-box testing dan
black-box testing pada 70 skenario pengujian menunjukkan keberhasilan sebesar 100%.
Sementara itu, pengujian beta melalui kuesioner mengungkapkan bahwa game ini memiliki
tingkat penerimaan sebesar 87% dalam kategori "Sangat Baik" sebagai media pengenalan
kuliner Indonesia. Selain itu, game ini juga memenuhi aspek fun (83,9%), balanced (66,1%),
dan accessible (87,8%).
Secara keseluruhan, penelitian ini mencapai tujuan yang ditetapkan, meskipun masih
terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut, seperti peningkatan keseimbangan
permainan, variasi interaksi pelanggan, serta penambahan menu kuliner dari berbagai daerah
di Indonesia.
Kata Kunci : Game simulasi, GDLC, engenalan kuliner Indonesia, pengembangan game
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game simulasi, GDLC, engenalan kuliner Indonesia, pengembangan game |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:24 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |