Reynitta, Devina (2025) PENGEMBANGAN GAME SIMULASI “FOOD TRUCK: CITA RASA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KULINER INDONESIA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| ![[thumbnail of Cover_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Cover_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (173kB) | 
| ![[thumbnail of Abstrak_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Abstrak_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (188kB) | 
| ![[thumbnail of Halaman Pengesahan Pembimbing_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Halaman Pengesahan Pembimbing_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (69kB) | 
| ![[thumbnail of Halaman Pengesahan Penguji_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Halaman Pengesahan Penguji_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (94kB) | 
| ![[thumbnail of Daftar Isi_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftar Isi_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (223kB) | 
| ![[thumbnail of Daftar Pustaka_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftar Pustaka_123200114_DevinaReynitta.pdf Download (185kB) | 
| ![[thumbnail of TugasAkhir_123200114_DevinaReynitta.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text TugasAkhir_123200114_DevinaReynitta.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | 
Abstract
Era globalisasi telah membawa pengaruh besar terhadap kuliner Indonesia, termasuk 
meningkatnya popularitas makanan cepat saji atau fast food. Hal ini terlihat di kalangan 
remaja terutama di kota besar, seperti di Pulau Jawa dan Bali, yang cenderung lebih 
menyukai fast food dibandingkan makanan tradisional. Akibatnya, terjadi pergeseran pola 
konsumsi yang tidak hanya mengancam eksistensi kuliner tradisional, tetapi juga 
meningkatkan risiko obesitas serta memperbesar kesenjangan sosial-ekonomi. Untuk 
mengatasi permasalahan ini, diperlukan upaya untuk mengenalkan kembali makanan 
tradisional dalam masyarakat. 
Pengenalan makanan tradisional dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti 
metode konvensional berupa sosialisasi dan poster yang memiliki keterbatasan jangkauan, 
serta media digital seperti komik dan konten daring yang lebih luas cakupannya tetapi kurang 
interaktif. Sebagai alternatif, game dipilih sebagai solusi yang tidak hanya mampu 
menjangkau audiens yang lebih luas tetapi juga memberikan pengalaman interaktif. Dengan 
menggunakan genre simulasi, khususnya subgenre simulasi memasak, game dapat 
meningkatkan keterlibatan audiens dalam mengenal kuliner Indonesia secara lebih menarik 
dan mendalam. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game simulasi memasak dan 
berkendara berjudul "Food Truck: Cita Rasa" sebagai media pengenalan kuliner Indonesia. 
Pengembangan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) guna 
memastikan kualitas optimal. Aspek capaian dalam game ini meliputi fun, functional, 
balanced, internally complete, dan accessible, yang dievaluasi melalui pengujian alpha dan 
beta. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa game "Food Truck: Cita Rasa" berhasil 
dikembangkan hingga tahap beta. Pengujian alpha menggunakan white-box testing dan 
black-box testing pada 70 skenario pengujian menunjukkan keberhasilan sebesar 100%. 
Sementara itu, pengujian beta melalui kuesioner mengungkapkan bahwa game ini memiliki 
tingkat penerimaan sebesar 87% dalam kategori "Sangat Baik" sebagai media pengenalan 
kuliner Indonesia. Selain itu, game ini juga memenuhi aspek fun (83,9%), balanced (66,1%), 
dan accessible (87,8%). 
Secara keseluruhan, penelitian ini mencapai tujuan yang ditetapkan, meskipun masih 
terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut, seperti peningkatan keseimbangan 
permainan, variasi interaksi pelanggan, serta penambahan menu kuliner dari berbagai daerah 
di Indonesia. 
Kata Kunci : Game simulasi, GDLC, engenalan kuliner Indonesia, pengembangan game
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Game simulasi, GDLC, engenalan kuliner Indonesia, pengembangan game | 
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science | 
| Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Informatika | 
| Depositing User: | A.Md Eko Suprapti | 
| Date Deposited: | 02 May 2025 02:24 | 
| Last Modified: | 25 Jul 2025 07:04 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42497 | 
Actions (login required)
|  | View Item |