ANALISIS DESKRIPTIF VISUALISASI PARASOCIAL RELATIONSHIP DALAM VIDEO GAME “PARASOCIAL” KARYA CHILLA’S ART

Pratama, Hanif Arib (2024) ANALISIS DESKRIPTIF VISUALISASI PARASOCIAL RELATIONSHIP DALAM VIDEO GAME “PARASOCIAL” KARYA CHILLA’S ART. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf] Text
2_Cover_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf] Text
3_Abstrak_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf] Text
5_Daftar Isi_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf] Text
1_Skripsi Full_Hanif Arib Pratama_153200147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Perkembangan sistem komputasi digital ke arah yang lebih modern menyebabkan pesatnya pertumbuhan berbagai sektor industri khususnya industri video game. Potensi pasar dari industri video game yang besar jika dilihat dari bagaimana pendapatan kumulatif setiap tahun yang meningkat, mengakibatkan persaingan yang ketat di antara para pelaku industri video game. Kompetisi yang kemudian menghadirkan variasi dari jenis video game yang dikembangkan oleh pelaku industri untuk menarik para konsumen mereka termasuk pengangkatan tema-tema sosial yang sebelumnya masih menjadi tabu, perubahan paradigma sektor industri dalam melihat fenomena sosial inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Chilla’s Art dengan membuat video game “Parasocial” yang mengangkat topik fenomena sosial parasocial relationship. Permasalahan dalam penelitian ini, bagaimana visualisasi fenomena parasocial relationship dalam video game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui visualisasi perilaku penguntitan, peretasan, doxing, dan obsesi dalam parasocial relationship yang dicitrakan melalui video game. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif, dengan penggunaan teori parasocial relationship. Hasil dari penelitian ini adalah parasocial relationship dalam video game “Parasocial” divisualisasikan dalam tiga tingkatan parasosial yakni Social Entertainment, Intense Personal Feeling dan Mild Pathology yang mengakibatkan kemunculan perilaku obsesi, doxing, peretasan, dan penguntitan. Dimana visualisasi atas perilaku parasosial ini menciptakan suatu perasaan unik yang dirasakan oleh para pemainnya.

Kata-kata kunci: visualisasi, deskriptif, video game, parasocial relationship

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Hanif Arib Pratama (Penulis - 153200147) ; Arif Wibawa (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: visualisasi, deskriptif, video game, parasocial relationship
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:18
Last Modified: 22 Apr 2025 01:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42390

Actions (login required)

View Item View Item