MALIKHAH, ARLIEK NUR (2025) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA CV. CARIZA KHANSA PRATAMA, SLEMAN, YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Abstrak_135210042_Arliek Nur Malikhah.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
Cover_135210042_Arliek Nur Malikhah.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_135210042_Arliek Nur Malikhah.pdf Download (568kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_135210042_Arliek Nur Malikhah.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_135210042_Arliek Nur Malikhah.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Skripsi_135210042_Arliek Nur Malikhah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
CV Cariza Khansa Pratama merupakan usaha yang bergerak di bidang industri
olahan makanan berbahan dasar pisang. Pengembangan produk perlu dilakukan
oleh CV Cariza Khansa karena memiliki visi dan misi yang berorientasi pada
produk yang unggul. Penelitian bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor internal
dan faktor eksternal pada CV Cariza Khansa Pratama 2) Menganalisis alternatif
alternatif strategi pengembangan usaha pada CV Cariza Khansa Pratama 3)
Menentukan strategi prioritas pengembangan usaha yang tepat untuk CV Cariza
Khansa Pratama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode studi kasus dan pengambilan data responden secara purposive.
Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan
kuisioner. Metode analisis menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE),
matriks Eksternal Faktor Evaluation (EFE), Competitive, Matriks Internal
Eksternal (IE), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil
penelitian menunjukan Faktor internal pada CV. Cariza Khansa Pratama yang
memiliki skor tertinggi pada faktor kekuatan yaitu memiliki perencanaan untuk
mengahsilkan produk berkualitas dan pada faktor kelemahan yaitu belum ada
pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan di bidang produksi. Faktor
eksternal pada CV. Cariza Khansa Pratama yang memiliki skor tertinggi pada faktor
peluang yaitu kemudahan mendapatkan pelatihan dan perizinan usaha dari
pemerintah daerah dan pada faktor ancaman yaitu kenaikan harga bahan baku
produksi; 2) Alternatif strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT yaitu alternatif
strategi SO yang terdiri dari dua strategi yaitu meningkatkan kualitas produk dan
standar produksi dan meningkatkan skala produksi dan memperluas pasar; 3)
Strategi prioritas yang dapat diterapkan di CV. Cariza Khansa yaitu meningkatkan
kualitas produk dan standar produksi.
Kata kunci: Strategi Pengembangan, CV. Cariza Khansa Pratama
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, CV. Cariza Khansa Pratama |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:01 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |