PENGARUH KEPUASAN, KEPERCAYAAN, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank BPD DIY Cabang Pembatu Condongcatur)

Habibi, Nur (2012) PENGARUH KEPUASAN, KEPERCAYAAN, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank BPD DIY Cabang Pembatu Condongcatur). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Nur Habibi.pdf] Text
Nur Habibi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nur Habibi, nomor mahasiswa 152070024, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Yogyakarta. Judul penelitian Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, dan Komitmen
Terhadap Loyalitas (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank BPD DIY Cabang
Pembantu Condongcatur), pembimbing Susanta dan Rosalia Dwi Fatma tj.
Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui Apakah kepuasan,
kepercayaan dan komitmen secara simultan dan parsial mempengaruhi loyalitas
nasabah tabungan pada bank BPD DIY. Jenis penelitian eksplanatori dengan
kuisioner sebagai alat pengumpul data. Adapun populasi yang diteliti nasabah
tabungan bank BPD DIY cabang pembantu condongcatur yang telah menabung satu
tahun atau lebih. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan
Sampling yang digunakan adalah Sampling Purposif yaitu Teknik pengambilan
sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda, dan
Analisis Multivariate.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan pada kepuasan,
kepercayaan, komitmen, dan loyalitas. Berdasarkan hasil analisis regresi linear
berganda nilai konstanta (y) adalah 0,327. Maka jika tidak ada variabel Kepuasan,
Kepercayaan, dan Komitmen yang mempengaruhi Loyalitas, maka nilai loyalitas
pelanggan akan sebesar 0,327 satuan. Sedangkan hasil dari analisis multivariate hasil
analisis uji F dan uji t maka hipotesis pertama dan kedua yang menyatakan Kepuasan,
Kepercayaan, dan Komitmen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas adalah Terbukti. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan
menunjukkan besarnya koefisien determinasi (Adj.R2) = 0,501 yang menunjukkan
variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar
50,1% sisanya sebesar 49,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam model penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, ada pengaruh yang positif antara
kepuasan, kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah tabungan. Terdapat
satu variabel yang memiliki nilai koefisien regresi terbesar yaitu komitmen, sehingga
disarankan pihak bank BPD DIY untuk lebih proaktif dalam menjalin hubungan agar
nasabah merasa terjamin baik dari segi keamanan, kemudahan, dan kecepatan serta
ketepatan. Kepuasan dan kepercayaan juga dapat menjadi perhatian karena kepuasan
dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap loyalitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:35
Last Modified: 27 Mar 2025 02:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item View Item