PENGARUH TIKTOK INFLUENCER CREDIBILITY DAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK WARDAH DI SHOPEE DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survei Terhadap Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta yang Aktif Menggunakan TikTok dan Shopee)

AMANDA, PUTRI (2025) PENGARUH TIKTOK INFLUENCER CREDIBILITY DAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK WARDAH DI SHOPEE DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survei Terhadap Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta yang Aktif Menggunakan TikTok dan Shopee). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_141210045_Putri Amanda.pdf] Text
2_Cover_141210045_Putri Amanda.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 3_Abstrak-141210045_Putri Amanda.pdf] Text
3_Abstrak-141210045_Putri Amanda.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_141210045_Putri Amanda.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_141210045_Putri Amanda.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_141210045-Putri Amanda.pdf] Text
5_Daftar Isi_141210045-Putri Amanda.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_141210045_Putri Amanda.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_141210045_Putri Amanda.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_141210045_Putri Amanda.pdf] Text
1_Skripsi Full_141210045_Putri Amanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh TikTok influencer
credibility dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap purchase intention
produk Wardah di Shopee, dengan customer trust sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dengan melibatkan 123 responden yang merupakan mahasiswa UPN
“Veteran” Yogyakarta yang aktif menggunakan TikTok dan Shopee. Metode yang
digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan
melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode structural equation
modeling – partial least square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS 4.0. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) TikTok influencer credibility berpengaruh
signifikan dengan arah yang positif terhadap purchase intention, (2) e-WOM tidak
berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, (3) TikTok influencer
credibility berpengaruh signifikan dengan arah yang positif terhadap customer trust,
(4) e-WOM berpengaruh signifikan dengan arah yang positif terhadap customer
trust, (5) Customer trust berpengaruh signifikan dengan arah yang positif terhadap
purchase intention, (6) TikTok influencer credibility berpengaruh signifikan dengan
arah yang positif secara tidak langsung terhadap purchase intention melalui
customer trust, (7) e-WOM berpengaruh signifikan dengan arah yang positif secara
tidak langsung terhadap purchase intention melalui customer trust.
Kata Kunci: Influencer credibility, Electronic Word of Mouth (e-WOM), purchase
intention, Customer trust.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Influencer credibility, Electronic Word of Mouth (e-WOM), purchase intention, Customer trust
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 11 Mar 2025 00:51
Last Modified: 11 Mar 2025 00:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42212

Actions (login required)

View Item View Item