ROMADHONI, MUHAMMAD RIZKY (2024) OPTIMASI FUELRATIO, EFISIENSI ENERGI, DAN REDUKSI EMISI GAS RUMAH KACA MININGTRUCK CATERPILLAR 785C PADA KEGIATAN PENGUPASAN OVERBURDEN, KAJIANTEKNIS: BCP052C, PT MADHANI TALATAH NUSANTARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 Cover_112200113_Muhammad Rizky Romadhoni.pdf Download (78kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Abstrak_112200113_Muhammad Rizky Romadhoni.pdf Download (12kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Halaman Pengesahan_112200113_Muhammad Rizky Romadhoni.pdf Download (183kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Isi_112200113_Muhammad Rizky Romadhoni.pdf Download (103kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Pustaka_112200113_Muhammad Rizky Romadhoni.pdf Download (149kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Skripsi Full Text_112200113_Muhammad Rizky Romadhoni.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB)  | 
          
Abstract
PT Madhani Talatah Nusantara adalah perusahaan penyedia jasa 
pertambangan yang bekerja sama dengan PT Kaltim Prima Coal pada proyek 
Bengalon Coal Project 052C. Lokasi kegiatan operasional berada di Desa Keraitan, 
Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. 
Perusahaan ini menerapkan sistem tambang terbuka (surface mining) dengan 
metode penambangan strip mine. Alat mekanis yang digunakan untuk penggalian 
dan pemuatan lapisan tanah penutup adalah excavator backhoe Hitachi EX-3600, 
sedangkan alat angkut yang digunakan adalah mining truck Caterpillar 785C. 
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan fuel ratio pada alat angkut serta 
menganalisis pengaruhnya terhadap konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca. 
Berdasarkan observasi di lapangan, ditemukan beberapa segmen jalan angkut yang 
tidak memenuhi standar, terutama terkait dengan geometri jalan yang 
mempengaruhi nilai grade resistance dan rolling resistance. Selain itu, kegiatan 
dumping dan idle time terdapat tindakan yang berpotensi menyebabkan pemborosan 
bahan bakar.  
Kajian teknis dilakukan menggunakan metode analisis untuk mengukur 
pengaruh geometri jalan, dumping dan idle time terhadap konsumsi bahan bakar 
alat angkut dengan menggunakan perhitungan rimpull. Analisis ini bertujuan 
memberikan rekomendasi perbaikan terhadap fuel ratio serta meneliti pengaruhnya 
terhadap konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca. 
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar aktual alat 
angkut adalah 117,09 liter/jam, produktivitas sebesar 118,14 BCM/jam, dan fuel 
ratio sebesar 0,99 liter/BCM, dengan konsumsi energi sebesar 35,67 MJ/BCM serta 
emisi sebesar 2,65 kgCO2eq/BCM. Rancangan perbaikan dilakukan dengan 
penimbunan (fill) pada elevasi segmen yang lebih rendah dan pemangkasan (cut) 
pada elevasi segmen yang lebih tinggi. Estimasi waktu pengerjaan perbaikan 
segmen jalan adalah 9 dan 0,5 hari dengan menggunakan excavator Liebheer R
9200 dan bulldozer Caterpillar D9. Kegiatan cut and fill meliputi perbaikan, cross 
slope, serta konstruksi jalan, selain kegiatan perbaikan jalan dilakukan pengarahan 
pada kebiasaan operator yakni menggunakan RPM dumping 1500 RPM serta 
mematikan alat angkut ketika sedang mengantri untuk dilakukan pemuatan.   
Setelah perbaikan dilakukan pada geometri jalan angkut, konsumsi bahan 
bakar alat angkut menurun menjadi 109,13 liter/jam, sementara produktivitas 
meningkat menjadi 146,57 BCM/jam. Hal ini menyebabkan fuel ratio turun 
menjadi 0,74 liter/BCM, dengan konsumsi energi tercatat sebesar 22,19 MJ/jam 
dan emisi sebesar 1,99 kgCO2eq/BCM. Dengan demikian, efisiensi tercapai melalui 
penurunan fuel ratio sebesar 25%, konsumsi energi sebesar 38%, dan emisi gas 
rumah kaca sebesar 25%
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Fuel Ratio dan Efisiensi Energi | 
| Subjek: | T Technology > T Technology (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography | 
| Depositing User: | Indah Lestari | 
| Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:27 | 
| Last Modified: | 05 Mar 2025 02:30 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42189 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
