ARITONANG, RENALDY YOHANNES (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TRANS JOGJA MENGGUNAKAN MODEL MOBILE SERVICE QUALITY DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_124200057_Renaldy Yohannes Aritonang.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi
Trans Jogja dengan menggunakan model Mobile Service quality (M-S-Qual), metode
Customer Satisfaction index (CSI), dan Importance Performance Analysis(IPA). Penelitian
ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada
pengguna aplikasi Trans Jogja. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 86,89,
yang mengindikasikan bahwa pengguna merasa sangat puas dengan layanan aplikasi ini.
Metode IPA kemudian digunakan untuk memetakan atribut layanan yang perlu diperbaiki,
dipertahankan, atau tidak memerlukan perhatian lebih lanjut. Atribut-atribut yang berada
pada kuadran I harus menjadi fokus peningkatan, sedangkan atribut pada kuadran II dan III
menunjukkan kinerja yang sudah memenuhi dan harus dipertahankan. Atribut yang berada
pada kuadran I seperti EFF1 dengan pernyataan aplikasi Trans Jogja dapat diakses dengan
cepat, CON1 dengan pernyataan Aplikasi Trans Jogja memberikan jaminan untuk tidak
membagikan informasi pribadi pada aplikasi atau situs lain dengan pernyataan, FUL1 dengan
pernyataan Aplikasi Trans Jogja melakukan tracking bus dengan cepat dan tepat, FUL2
dengan pernyataan Aplikasi Trans Jogja memberikan pesanan tiket sesuai dengan jumlah
yang dipesan, disarankan untuk ditingkatkan dan dimaksimalkan karena memiliki
kepentingan yang tinggi bagi pengguna Aplikasi Trans Jogja. Pengembang dari Aplikasi
Trans Jogja direkomendasikan untuk memperbaiki kecepatan akses dan pemuatan halaman,
meningkatan privasi dan keamanan pengguna dan optimalisasi sistem pelacakan bus secara
real-time.
Kata Kunci: Mobile Service Quality, Customer Satisfaction index (CSI), Importance
Performance Analysis(IPA) , Aplikasi Trans Jogja, Aplikasi Mobile
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Service Quality, Customer Satisfaction index (CSI), Importance Performance Analysis(IPA) , Aplikasi Trans Jogja, Aplikasi Mobile |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 00:58 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 00:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |