HANDAYANI, ANDRISUSI (2011) ANALISIS ISI IKLAN PENGOBATANALTERNATIF ( Studi Analisis Iklan Pengobatan Alternatif pada SKH Koran Merapi dan SKHKedaulatan Rakyat Periode April-Juni 2011 ). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membehas tentang iklan pengobatan alternative di SKH Koran
Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat. SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat
adalah surat kabar yang terbit secara harian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Iklan
jenis in dirasakan oleh para pengiklanan adalah iklan yang murah untuk mengiklankan
produk, sehingga untuk beberapa produk tertentu seperti pengobatan alternatif paling
efektif dari segi biaya sehingga oleh para pengiklan dirasa hal yang paling utama. Iklan
dirancang sedemikian rupa sehingga menarik dan tujuan khalayak bisa terpenuhi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan isi iklan yang
terkandung dalam iklan pengobatan alternatif di SKH Koran Merapi dan SKH
Kedaulatan Rakyat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif berjenis Content Analysis (Analisis Isi). Analisis isi adalah teknik penelitian
untuk memaparkan isi yang dinyatakan secara obyektif, sistematis dan kuantitatif. Dalam
penelitian ini, isi komunikasi yang dianalisis adalah isi iklan pengobatan alternatif di
SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat. Unit analisisnya adalah : Tujuan Iklan,
Struktur iklan, Letak Halaman, Penggunaan testimoni, Gaya bahasa, Jenis keahlian,
produksi obat, serta penerapan etika iklan, serta unit kategori Pelanggaran etika
iklan.Periode waktu penerbitan SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan Rakyat selama
tiga bulan yaitu bulan April-Juni 2011
Berdasarkan hasil penelitian pada SKH Koran Merapi dan SKH Kedaulatan
Rakyat lebih di dominasi oleh iklan dengan tujuan persuasif, penggunaan iklan dengan
struktur headline+bodycopy+visualisasi+baseline, sebagian pengobatan alternative
menguasai jenis keahlian dalam prakteknya, Sebagian besar iklan yang ada pada kedua
media tersebut telah melanggar etika periklanan iklan pengobatan alternatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:20 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |