STRATEGI PEMASARAN OLAHAN DAUN KELOR PAWON “TEGES” DI DUSUN WONOKERSO KALURAHAN HARGOBINANGUN KAPANEWON PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Arieadie, Chlara Veronie Indra (2024) STRATEGI PEMASARAN OLAHAN DAUN KELOR PAWON “TEGES” DI DUSUN WONOKERSO KALURAHAN HARGOBINANGUN KAPANEWON PAKEM KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf] Text
Abstrak_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Cover_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf] Text
Cover_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of Daftar Isi_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf] Text
Daftar Isi_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf] Text
Daftar Pustaka_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie (1).pdf] Text
Skripsi Fulltext_135200106_Chlara Veronie Indra Arieadie (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang
menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman produk olahan daun kelor (2)
menganalisis strategi pemasaran yang terbaik untuk produk olahan daun kelor
berdasarkan hasil analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif analisis deskriptif dengan pendekatan
studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan dengan metode sampling
jenuh. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder.
Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah matriks IFAS, matriks EFAS,
IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor kekuatan
utama yaitu produk Pawon “Teges” menggunakan bahan baku yang berkualitas.
Faktor kelemahan utama yaitu keterbatasan keterampilan SDM dalam promosi
secara online. Faktor peluang utama yaitu Pawon “Teges” mengikuti event-event
yang melibatkan UMKM. Faktor ancaman utama yaitu kurangnya pengetahuan
masyarakat terhadap kandungan gizi dan manfaat daun kelor bagi kesehatan.
Alternatif strategi pemasaran yang didapatkan adalah memaksimalkan promosi dan
pemasaran; memanfaatkan secara optimal program pelatihan dari pemerintah dan
dukungan fasilitas bagi UMKM; menjaga dan meningkatkan kualitas produk;
membuat inovasi produk. (2) Strategi pemasaran prioritas terbaik adalah
memaksimalkan promosi dan pemasaran.
Kata Kunci: Daun Kelor, Produk Olahan, Strategi Pemasaran, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Daun Kelor, Produk Olahan, Strategi Pemasaran, UMKM.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:44
Last Modified: 16 Jan 2025 02:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42065

Actions (login required)

View Item View Item