Rochim, Rangga Bagus Nur (2024) Evaluasi Jalan Angkut Untuk Meningkatkan Produktivitas Alat Angkut Pada Penambangan Bijih Nikel di Pit Hill Anyer PT Mineral Alam Abadi Jobsite PT TBP Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Halaman Judul_112200123_Rangga Bagus Nur Rochim.pdf Download (128kB) |
|
Text
Abstrak_112200123_Rangga Bagus Nur Rochim.pdf Download (203kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan_112200123_Rangga Bagus Nur Rochim.pdf Download (283kB) |
|
Text
Daftar Isi_112200123_Rangga Bagus Nur Rochim.pdf Download (218kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_112200123_Rangga Bagus Nur Rochim.pdf Download (208kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_112200123_Rangga Bagus Nur Rochim.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
PT Mineral Alam Abadi (MAA) merupakan salah satu perusahaan kontraktor pada PT Trimegah Bangun Persada (TBP) yang bergerak pada penambangan bijih nikel. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT Mineral Alam Abadi adalah tambang terbuka dengan metode side hill. Kegiatan penambangan yang dilakukan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan.
Berdasarkan hasil perhitungan data di lapangan, produktivitas dalam pengangkutan ore belum mencapai target yang ditetapkan yang dikarenakan geometri jalan angkut tambang belum memenuhi standar parameter yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi geometri jalan angkut yang digunakan dalam pengangkutan ore sehingga target produksi dapat tercapai, Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diperoleh produktivitas alat angkut aktual dengan jarak 1,17 km sebesar 29,70 BCM/jam atau hanya 73,31% dari target produksi yang ditentukan perusahaan sebesar 40,51 BCM/jam. Faktor penyebab tidak tercapainya target produksi tersebut yaitu karena waktu edar alat angkut tinggi yang dikarenakan terdapat segmen jalan angkut yang belum memenuhi standar.
Hasil dari penelitian ini diperoleh lebar minimum pada jalan lurus sebesar 8,75 m dan lebar minimum pada jalan tikungan sebesar 10,27 m, geometri radius tikungan sebesar 13,75 m, superelevasi sebesar 5%, cross slope sebesar 2%, dan grade jalan maksimum 8%. Pembuatan jalan angkut menggunakan metode cut and fill dengan volume cutsebesar 7.296,29 BCM dan volume fillsebesar 45.642,70 BCM. Setelah dilakukan perbaikan jalan angkut, diperoleh produktivitas berdasarkan rimpull meningkat sebesar 44,89 BCM/jam atau mencapai 110,81% dari target produksi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42031 |
Actions (login required)
View Item |