STRATEGI PEMERINTAH KOREA SELATAN MENINGKATKAN WISATAWAN ‘MICE TOURISM’ TAHUN 2016 -2022

SARI, NABILA PERMATA (2024) STRATEGI PEMERINTAH KOREA SELATAN MENINGKATKAN WISATAWAN ‘MICE TOURISM’ TAHUN 2016 -2022. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_151200036_Nabila Permata Sari.pdf] Text
ABSTRAK_151200036_Nabila Permata Sari.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of COVER_151200036_Nabila Permata Sari.pdf] Text
COVER_151200036_Nabila Permata Sari.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan Skripsi & Persetujuan_151200036_Nabila Permata Sari.pdf] Text
Halaman Pengesahan Skripsi & Persetujuan_151200036_Nabila Permata Sari.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_151200036_Nabila Permata Sari.pdf] Text
DAFTAR ISI_151200036_Nabila Permata Sari.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_151200036_Nabila Permata Sari.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_151200036_Nabila Permata Sari.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Skripsi Nabila Permata Sari_151200036_HI.pdf] Text
Skripsi Nabila Permata Sari_151200036_HI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori diplomasi komersial
dalam pengembangan sektor pariwisata MICE di Korea Selatan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, yang
melibatkan pengumpulan data dari literatur Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pemerintah Korea Selatan menerapkan strategi diplomasi komersial melalui
promosi pariwisata, pengembangan infrastruktur, dan kebijakan visa yang
mempermudah akses bagi wisatawan internasional. Diplomasi komersial berperan
penting dalam menarik minat pasar luar negeri, di mana kegiatan MICE tidak hanya
berfungsi sebagai alat promosi budaya, tetapi juga sebagai sarana untuk
meningkatkan kerjasama ekonomi dan investasi. Dengan menjalin kemitraan
dengan organisasi internasional, Korea Selatan berhasil memperkuat posisinya
sebagai destinasi MICE yang kompetitif. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan di Indonesia dan negara lain dalam
merumuskan strategi pariwisata yang efektif melalui pendekatan diplomasi
komersial.
Kata Kunci: MICE tourism, diplomasi komersial, strategi pariwisata, Korea
Selatan, promosi internasional.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: MICE tourism, diplomasi komersial, strategi pariwisata, Korea Selatan, promosi internasional
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:11
Last Modified: 09 Jan 2025 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42028

Actions (login required)

View Item View Item