Satya, Dafa Taruna (2024) PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA PADA INTENTION TO RECOMMEND (Studi pada Konsumen yang Telah Menggunakan Biro Tour dan Travel Keviandra Tour Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_152190116_Dafa Taruna Satya.pdf Download (67kB) |
|
Text
Cover_152190116_Dafa Taruna Satya.pdf Download (88kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan_152190116_Dafa Taruna Satya.pdf Download (411kB) |
|
Text
Daftar Isi_152190116_Dafa Taruna Satya.pdf Download (104kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152190116_Dafa Taruna Satya.pdf Download (347kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_Dafa Taruna Satya_152190116.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dafa Taruna Satya, Nomor Induk Mahasiswa 152190116, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Service
Quality terhadap Tourist Satisfaction dan Mmeorable Tourism Experience Serta
Dampaknya Pada Intention to Recommend (Studi Pada Konsumen yang Telah
Menggunakan Biro Tour dan Travel Keviandra Tour Yogyakarta)”. Dosen
Pembimbing Eny Endah Pujiastuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Service Quality
terhadap Tourist Satisfaction dan Memorable Tourism Experience Serta
Dampaknya pada Intention to Recommend (Studi Pada Konsumen yang Telah
Menggunakan Biro Tour dan Travel Keviandra Tour Yogyakarta). Populasi dalam
penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah menggunakan jasa Keviandra
Tour yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
adalah wisatawan yang sudah pernah menggunakan jasa Keviandra Tour minimal
satu kali. Ukuran sampel dengan 167 responden didapatkan dari perhitungan rumus
Machin dan Campbell. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability
sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif dengan data tabel dan persentasi, serta analisis statistik
inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel service quality
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, service quality berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourism experience, tourist satisfaction
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, tourist
satisfaction berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend, memorable
tourism experience berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend,
service quality berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend, service
quality berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend melalui tourist
satisfaction dan memorable tourism experience, service quality berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourism experience melalui tourist satisfaction,
tourist satisfaction berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend
melalui memorable tourism experience. Berdasarkan hasil penelitian, Keviandra
Tour diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan pada perjalanan wisata-nya dan
dapat meningkatkan elektabilitas dari tour guide pada perjalanan wisata sehingga
meningkatkan kepuasan wisatawan dan pengalaman wisata yang berkesan sehingga
menumbuhkan niat untuk merekomendasikan Keviandra Tour kepada orang lain.
Kata kunci : Service Quality, Tourist Satisfaction, Memorable Tourism
Experience, Intention to Recommend
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, Tourist Satisfaction, Memorable Tourism Experience, Intention to Recommend |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 02:35 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 02:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41982 |
Actions (login required)
View Item |