ANANTA, MUHAMMAD REZA ADI PUTERA (2024) UPAYA GASTRODIPLOMASI INDONESIA MELALUI MAKANAN INSTAN “INDOMIE” DI NIGERIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULLTEXT_151190075_MUHAMMAD REZA ADIPUTERA ANANTA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER_151190075_MUHAMMAD REZA ADIPUTERA ANANTA.pdf Download (151kB) |
|
Text
ABSTRAK_151190075_MUHAMMAD REZA ADIPUTERA ANANTA.pdf Download (139kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_151190075_MUHAMMAD REZA ADIPUTERA ANANTA.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI_151190075_MUHAMMAD REZA ADIPUTERA ANANTA.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_151190075_MUHAMMAD REZA ADIPUTERA ANANTA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Makanan merupakan bagian dari sebuah budaya bangsa. Setiap bangsa
memiliki ciri khas tersendiri dalam masalah makanan. Makanan juga dianggap
memiliki power untuk mengubah persepsi masyarakat internasional dan juga bisa
dijadikan promosi negara di kancah dunia. Indonesia sendiri sering melakukan
banyak kegiatan diplomasi melalui kuliner khas miliknya, seperti
gastrodiplomasi salah satunya yaitu dengan gastrodiplomasi makanan instan
seperti mi instan ke Nigeria. Upaya gastrodiplomasi Indonesia melalui Indomie
semakin menunjukkan hasil yang positif. Hal ini tidak terlepas dari upaya-upaya
yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia sehingga Indomie mampu
berkompetisi dengan mie instan merk lain. Potensi yang dimiliki gastrodiplomasi
sendiri yakni artinya membuka akses kerja sama di luar diplomasi pada bentuk
makanan ini baik kerja sama ekonomi maupun politik. Potensi ini timbul saat
makanan disadari menjadi ciri-ciri suatu bangsa, adanya ciri-ciri atau identitas
bangsa menjadikan suatu kelompok atau bangsa juga ingin menunjukkan
identitas khasnya. Metode penelitian yang saya ambil dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan
upaya dan tindakan pemerintah Indonesia dalam melakukan gastrodiplomasi
terhadap masyarakat Nigeria. Deskripsi tersebut diharapkan dapat menghasilkan
sebuah ‘titik tengah’ di antara budaya masyarakat Nigeria dan Indomie yang
dijadikan sebagai alat gastrodiplomasi oleh Indonesia. Gastrodiplomasi yang
dilakukan Indonesia menggunakan soft diplomacy dengan cara memasarkan
Indomie ke Nigeria tanpa ada cirikhas yang melambangkan tentang Indonesia.
Akibat dari Gastrodiplomasi yang dilakukan Indonesia melalui Indomie,
menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan
Nigeria sehingga dapat tercipta apresiasi, interaksi dan kerja sama antara kedua
negaraBerkat suksesnya gastrodiplomasi yang dilakukan Indonesia lewat
Indomie ini membuat terciptanya hubungan yang baik.
Kata Kunci: Gastrodiplomasi, Indomie, Nigeria
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gastrodiplomasi, Indomie, Nigeria |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41937 |
Actions (login required)
View Item |