Khatami, Muhammad Aulia (2024) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM DINAMIKA RELASI PERSONAL, KEPEMIMPINAN, DAN BEBAN KERJA (Pada Perusahaan Berijalan Yogyakarta). Masters thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover PDF.pdf Download (146kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (142kB) |
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (114kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka.pdf Download (180kB) |
|
Text
1. Full Teks Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Setiap organisasi perlu mengetahui iklim komunikasi organisasinya, dengan
mengetahui iklim komunikasi, organisasi akan meningkatkan pemahaman atas
dorongan atau pedoman apa yang membuat pihak internal bersikap dengan cara�cara tertentu. Prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan isi
dari Pasal 33 Ayat (4) Undang-Undang Dasar 1945, menyatakan bahwa
perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan
prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan,
kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi
nasional. Pada Perusahaan Berijalan Yogyakarta ditemukan berbagai masalah, di
antaranya terkait fenomena seperti, kurangnnya keterbukaan dan transparansi,
masalah kepemimpinan, favoritisme karyawan, konflik interpersonal, kurangnnya
umpan balik, struktur organisasi yang kaku. Pendekatan penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis model iklim komunikasi organisasi dalam dinamika relasi personal,
gaya kepemimpinan, dan beban kerja di Perusahaan Berijalan Yogyakarta. Teori
yang digunakan meliputi teori komunikasi hati (heart communication), konsep
komunikasi interpersonal, model kepemimpinan transformasional, konsep beban
kerja, konsep iklim komunikasi organisasi. Hasil penelitian menunjukkan iklim
komunikasi yang buruk dengan kondisi aktual iklim komunikasi organisasi, yang
dipengaruhi oleh beban kerja yang tinggi, hubungan interpersonal yang kurang
harmonis, serta gaya kepemimpinan yang belum sepenuhnya mendukung iklim
komunikasi yang positif. Temuan penelitian ini memberikan rekomendasi berupa
model iklim komunikasi organisasi dengan pendekatan komunikasi hati untuk
meningkatkan komunikasi internal, memperkuat hubungan antarindividu, dan
mengelola beban kerja secara efektif guna mendukung pencapaian organisasi.
Kesimpulan menyatakan bahwa komunikasi yang efektif harus melibatkan hati,
bukan hanya pikiran.
Kata Kunci: Iklim Komunikasi Organisasi, Undang-Undang Dasar 1945, Komunikasi Hati, Berijalan Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim Komunikasi Organisasi, Undang-Undang Dasar 1945, Komunikasi Hati, Berijalan Yogyakarta |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:42 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41906 |
Actions (login required)
View Item |