Analisis dan Implementasi Occlusion Culling untuk Optimasi Game 3D Menggunakan Unity

Aryaputra, Rakha Mohammad (2024) Analisis dan Implementasi Occlusion Culling untuk Optimasi Game 3D Menggunakan Unity. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
COVER_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of ABSTRAK_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
ABSTRAK_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
PENGESAHAN PEMBIMBING_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PENGUJI_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
PENGESAHAN PENGUJI_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
DAFTAR ISI_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_RAKHA MOHAMMAD ARYAPUTRA_123190109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Performa game 3D merupakan aspek yang sangat penting dalam memberikan
pengalaman bermain yang optimal bagi pengguna. Salah satu tantangan utama dalam
pengembangan game 3D adalah mengoptimalkan proses rendering tanpa mengorbankan
kualitas visual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan
Occlusion Culling sebagai teknik optimasi untuk meningkatkan performa game 3D yang
dikembangkan menggunakan Unity. Occlusion Culling bekerja dengan mengecualikan
objek yang tidak terlihat oleh kamera dari proses rendering, sehingga mengurangi beban
komputasi pada CPU dan GPU.
Game berjudul City Scapes dikembangkan dengan desain 3D low-polygon untuk
mensimulasikan pengujian performa. Pengujian dilakukan dengan membandingkan metrik
performa, seperti penggunaan CPU, jumlah draw calls, penggunaan memori, dan frame per
second (FPS), dalam kondisi Occlusion Culling aktif dan nonaktif. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa Occlusion Culling mengurangi penggunaan CPU sebesar 15,2%,
jumlah draw calls sebesar 47,78%, dan meningkatkan FPS sebesar 13,3%. Namun, teknik
ini tidak menunjukkan dampak signifikan pada penggunaan memori.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Occlusion Culling merupakan teknik optimasi
yang efektif untuk meningkatkan performa game 3D, terutama dalam hal efisiensi CPU,
proses rendering, dan peningkatan frame rate. Temuan ini diharapkan dapat menjadi
referensi bagi pengembang game lainnya dalam mengoptimalkan performa, khususnya pada
pengembangan game 3D dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.
Kata kunci : Occlusion Culling, Unity, Optimasi Game, Performa Game.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Occlusion Culling, Unity, Optimasi Game, Performa Game.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 23 Dec 2024 00:58
Last Modified: 23 Dec 2024 00:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41889

Actions (login required)

View Item View Item