ANALISIS PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP IKLAN IPHONE “PRIVACY ON IPHONE - FLOCK” (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa di Yogyakarta)

Althaf, Muhammad Rizqi (2024) ANALISIS PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP IKLAN IPHONE “PRIVACY ON IPHONE - FLOCK” (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa di Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf] Text
Abstrak_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Cover_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf] Text
Cover_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf] Text
Daftar Isi_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf] Text
Daftar Pustaka_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153200077_Muhammad Rizqi Althaf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Memasuki era digital yang modern, privasi merupakan salah satu aspek yang harus
kita perhatikan. Mudahnya teknologi dan informasi menimbulkan efek negatif yaitu
munculnya kejahatan siber. iPhone membuat iklan “Privacy on iPhone – Flock”
yang mengusung tema privasi yang diunggulkannya melalui Safari. Iklan iPhone
ini
menjadi perhatian banyak orang karena menjadi hal baru dalam
mempromosikan produk sekaligus mengedukasi masyarakat. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui persepsi yang dimiliki oleh generasi Z berusia 18 – 27 tahun
di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, peneliti juga ingin melihat
faktor apa yang memengaruhi pembentukan persepsi. Penelitian ini dilakukan
dengan metode kualitatif analisis persepsi, data penelitian dikumpulkan dengan
proses wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil menunjukkan bahwa
terdapat beberapa temuan berupa persepsi tentang visualisasi iklan, penyampaian
pesan iklan, daya tarik brand, konten privasi data pribadi, dan iklan sebagai alat
branding iPhone terkait privasi. Persepsi tersebut dipengaruhi oleh relevansi isu,
pengalaman pribadi, latar belakang keluarga dan teman/kerabat, serta pengetahuan
informan terhadap iklan dan brand iPhone. Penelitian ini memiliki kecenderungan
persepsi positif pada visualisasi iklan, konten privasi data pribadi, dan iklan sebagai
alat branding iPhone. Persepsi negatif ditemukan pada dampak iklan terhadap daya
tarik brand dan penyampaian pesan iklan. Ditemukan juga kecenderungan persepsi
yang lebih kritis dari informan yang menggunakan iPhone dibanding informan non
pengguna iPhone.
Kata kunci: privasi, iklan iPhone, generasi Z, persepsi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: privasi, iklan iPhone, generasi Z, persepsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 20 Nov 2024 06:38
Last Modified: 20 Nov 2024 06:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41692

Actions (login required)

View Item View Item