Adawiyah, Shafa Al (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOMBUCHA BONS FABRIEK PADA PT BERKAH OVIA NISCALA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULL TEXT_135200094_SHAFA AL ADAWIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER_135200094_SHAFA AL ADAWIYAH.pdf Download (143kB) |
|
Text
ABSTRAK_135200094_SHAFA AL ADAWIYAH.pdf Download (153kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_135200094_SHAFA AL ADAWIYAH.pdf Download (398kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_135200094_SHAFA AL ADAWIYAH.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_135200094_SHAFA AL ADAWIYAH.pdf Download (277kB) |
Abstract
PT Berkah Ovia Niscala memiliki jaringan pemasaran yang masih sempit
sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memperluas jejaring
pemasaran Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui faktor internal dan
faktor eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran pada Kombucha BONS
Fabriek, (2) mengetahui rumusan alternatif strategi pemasaran pada Kombucha
BONS Fabriek, (3) mengetahui keputusan strategi yang tepat dalam pemasaran
Kombucha BONS Fabriek. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data
menggunakan Teknik Focus Groub Discussion (FGD), observasi, dokumentasi,
serta pengisian kuisioner. Metode analisis data menggunakan matriks IFE, EFE, IE,
SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor intenal PT
Berkah Ovia Niscala dengan skor tertinggi yaitu tidak menggunakan campuran
bahan pengawet; memiliki banyak varian rasa; dan telah memiliki izin BPOM dan
sertifikat Halal MUI. Sedangkan pada faktor kelemahan, skor tertinggi yaitu pada
faktor kurang optimal dalam menggunakan fitur sosial media. Faktor eksternal
dengan skor peluang tertinggi yaitu ada pada faktor prospek pasar kombucha di
dalam maupun diluar negeri yang besar; dan ketersediaan platform digital untuk
melakukan pemasaran secara online. Sedangkan pada faktor ancaman, skor paling
tinggi yaitu pada faktor munculnya pesaing dengan produk sejenis yang memiliki
nama besar dengan produk yang lebih inovatif. (2) Alternatif strategi yang
didapatkan dari hasil analisis IE dan SWOT yaitu melakukan live sale di sosial
media dan e-commerce; dan mendaftarkan perusahaan pada sistem informasi
Sibakul Jogja. (3) Keputusan strategi yang tepat bagi PT Berkah Ovia Niscala
berdasarkan analisis QSPM yaitu melakukan live sale di sosial media dan e�commerce. PT Berkah Ovia Niscala sebaiknya melakukan live sale agar dapat
menjangkau konsumen dari berbagai daerah dan dapat memperluas jaringan
pemasaran Kombucha BONS Fabriek.
Kata kunci: IE, IFE, EFE, kombucha, strategi, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IE, IFE, EFE, kombucha, strategi, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41653 |
Actions (login required)
View Item |