SHAKTI, OKTOVIAN GLADYS DWINTA (2024) STRATEGI REBRANDING BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SUMARMO OLEH HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN BOYOLALI DALAM MEMBANGUN IMAGE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstract.pdf Download (17kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (9kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (10kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (66kB) |
|
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
Abstract
xii
ABSTRAK
Keberadaan Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo yang dahulu lebih
dikenal dengan keberadaan kota Solo kini telah berganti. Bandara yang sebetulnya
berada si wilayah kabupaten Boyolali tersebut telah diresmikan sebagai fasilitas di
Kabupaten Boyolali. Peresmian tersebut telah disetujui oleh pemerintah pusat
dengan surat keputusan dari Menteri Perhubungan. Pemerintah Kabupaten
Boyolali merasa harus melakukan strategi rebranding sebagai tindak lanjut akan
hal tersebut. Humas pemerintah kabupaten Boyolali memiliki peran penting dalam
mesosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang bandara tersebut menjadi
Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo Boyolali. Penulis menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan data yang berbentuk
tulisan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai hasil penelitian
sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian. Penelitian ini berusaha
untuk menggambarkan situasi suatu peristiwa dan memberikan data yang
berhubungan dengan strategi rebranding yang dijalankan oleh Humas Pemerintah
Kabupaten Boyolali dalam pergantian nama Bandara Adi Sumarmo. Berbagai
rancangan pembangunan dalam usaha strategi rebranding telah diusulkan oleh
Bupati Kabupaten Boyolali. Dinas-dinas serta para asisten yang bernaung
dibawahnya menjalankan strategi tersebut secara sistematis dan terkait. Saluran
komunikasi keluar maupun kedalam selalu dijaga oleh Humas Pemerintah
kabupaten Boyolali guna memperlancar usaha strategi rebranding tersebut.
Berbagai kendala juga dirasakan oleh pemerintah dan Humas dalam menjalankan
strategi ini. Seperti faktor anggaran dan kurang kooperatif dari pihak pengelola
bandara. Berbagai pandangan dari publik ekternal menjadi salah satu sorotam
dalam penelitian ini, karena sebuah pembentukan image sebuah brand dari sebuah
lembaga atau perusahaan ditentukan oleh keberhasilan perancangan dan
pelaksanaan strategi yang dijalankan sehingga dapat mempengaruhi opini publik
atau masyarakat
xiii
ABSTRACT
The existence of Adisumarmo International Airport formerly known as the
existence of the city of Solo now has been changed. The airport is actually located
Boyolali district has been inaugurated as the facility in the District of Boyolali.
The inauguration has been approved by the central government by decree of the
Minister of Transportation. Boyolali District Government felt compelled to make
rebranding strategy as a follow up to that. Public relations of Boyolali district
governments have an important role in socialize to the community that now the
airport became International Airport Adisumarmo Boyolali. The author uses
descriptive qualitative research method, which presents a form of writing data to
provide accurate information about research results to fit the intent and purpose
of research. Qualitative descriptive study is a study that attempted to describe the
situation of an event and provide data related to the rebranding strategy
undertaken by the Government Public Relations in Regency Boyolali Adisumarmo
Airport name changing.Various designs in the construction business rebranding
strategy has been proposed by Regent Boyolali. Offices and their assistants who
take shelter underneath a strategy that systematically and relevant. Agencies and
their assistants who take shelter undernearth a strategy that systematically and
relevant. Out or into the channels of communication is always maintained by the
government Public Relations work implementing this strategy. Factors such as
budget and less cooperative the manager of the airport. Various views of the
public external become one of highlights in this study, because a formation of a
brand image of an institution or company is determined by the succesful design
and implementation of this strategy so as to influence public opinion.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:58 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 01:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41626 |
Actions (login required)
View Item |