STUDI ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PERIKLANAN PADA TAYANGAN IKLAN PRODUK KESEHATAN DI GLOBAL TV PERIODE BULAN JULI 2012

Saleh, Ismail (2013) STUDI ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PERIKLANAN PADA TAYANGAN IKLAN PRODUK KESEHATAN DI GLOBAL TV PERIODE BULAN JULI 2012. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of SKRIPSI_UTUH.pdf] Text
SKRIPSI_UTUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

xiv
ABSTRAK
Semua orang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan dan
menjaga kesehatan. Semakin tinggi kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat
tentunya menjanjikan peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi para produsen
produk kesehatan. Tayangan iklan produk kesehatan yang menyalahi etika
periklanan membuat masyarakat tidak mendapatkan informasi akurat mengenai
produk yang mereka beli dan konsumsi. Hal ini dapat menimbulkan kesalahan
dalam penggunaan produk kesehatan yang justru berisiko mengakibatkan
gangguan kesehatan. Pemerintah memegang peran penting dalam perlindungan
hak-hak konsumen. Terlebih lagi, pengawasan serta pemberian sanksi tegas untuk
menciptakan efek jera bagi para produsen produk kesehatan yang terbukti
melanggar etika periklanan seolah-olah menjadi pekerjaan rumah yang tidak
pernah berakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
kecenderungan hiperbolisasi isi tayangan iklan produk kesehatan di Global TV
periode Juli 2012, terkait pelanggaran Etika Pariwara Indonesia yang masih dapat
dijumpai hingga saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode analisis isi (Content Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh tayangan iklan televisi produk kesehatan yang ditayangkan di Global TV
periode bulan Juli 2012 yang total berjumlah 35 tayangan iklan. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling,
dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa tayangan iklan produk
kesehatan di Global TV periode bulan Juli 2012 yang cenderung bermasalah.
Bentuk pelanggaran yang mengacu pada ketentuan Etika Pariwara Indonesia
tersebut terkait kasus penggunaan testimony khalayak umum yang tidak dapat
menunjukkan identitas diri, serta penggunaan testimony tenaga profesi kesehatan.
Penayangan spot peringatan perhatian dengan durasi di bawah tiga detik, bahkan
beberapa di antaranya tidak menampilkan spot peringatan perhatian. Pernyataan
iklan yang cenderung melebih-lebihkan, penggunaan kata-kata yang bersifat
superlatif, serta pernyataan iklan yang bersifat menyesatkan. Bentuk pelanggaran
terakhir berdasarkan visualisasi iklan yang menampilkan penggambaran tenaga
profesi kesehatan beserta atribut kelengkapannya, serta penggambaran adegan
yang mengabaikan keselamatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:53
Last Modified: 12 Nov 2024 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41618

Actions (login required)

View Item View Item