WINUKIR, GESANG (2022) KAJIAN GEOMETRI JALAN ANGKUT TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT DUMP TRUCK PADA PENAMBANGAN ANDESIT DI CV. MUNCUL KARYA KULON PROGO YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Lepasan Cover Skripsi Gesang Winukir 112160157.pdf Download (254kB) |
|
Text
Lepasan Daftar Isi Skripsi Gesang Winukir 112160157.pdf Download (162kB) |
|
Text
Lepasan Daftar Pustaka Skripsi Gesang Winukir 112160157.pdf Download (262kB) |
|
Text
Lepasan Lembar Pengesahan Skripsi Gesang Winukir 112160157.pdf Download (100kB) |
|
Text
Lepasan Ringkasan Skripsi Gesang Winukir 112160157.pdf Download (53kB) |
|
Text
SKRIPSI FULLTEXT GESANG WINUKIR 112160157.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
CV. Muncul Karya merupakan salah satu tambang quarry andesit yang
terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo,
Provinsi Yogyakarta. Proses penambangannya dilakukan secara konvensional
menggunakan alat muat Backhoe Komatsu PC-200 dan alat angkut truk jungkit
Mitsubitshi Fuso SHD dan Toyota Dyna 130 HT menuju Crusher dengan jarak
angkut 7,75 km.
Tujuan penelitian ini adalah menentukan factor-faktor yang mempengaruhi
konsumsi bahan bakar dan mengetahui rasio bahan bakar pada alat angkut truk
jungkit Mitsubishi Fuso SHD dan Toyota Dyna 130 HT. Ada beberapa hal yang
berpengaruh terhadap peningkatan konsumsi bahan bakar yaitu beban kerja alat,
kondisi geometri jalan angkut, amblasan jalan, dan jarak tempuh pengangkutan
dari front penambangan menuju crusher. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja
aktual, terdapat kemiringan jalan angkut yang melebihi acuan perusahaan yaitu
8% dan kondisi jalan angkut yang masih memiliki amblasan lebih dari 5 cm.
Konsumsi bahan bakar truk jungkit Mitsubitshi Fuso SHD dan Toyota Dyna
130 HT berdasarkan perhitungan rimpull yaitu sebesar 4,92 liter/jam dan
5,56 liter/jam. Produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar
5,03 ton/jam dan 5,20 ton/jam.
Setelah dilakukan perbaikan kemiringan jalan angkut yang disesuaikan
dengan acuan perusahaan ≤ 8% dan kondisi jalan angkut tidak memiliki amblasan
roda lebih dari 5 cm pada permukaan jalan angkut. Konsumsi bahan bakar truk
jungkit Mitsubitshi Fuso SHD berdasarkan perhitungan rimpull menjadi sebesar
4,73 ltr/jam dan produksi menjadi sebesar 5,26 ton/jam, sedangkan untuk
konsumsi bahan bakar truk jungkit Toyota Dyna 130 HT berdasarkan perhitungan
rimpull menjadi sebesar 5,43 liter/jam dan produksi menjadi sebesar 5,50 ton/jam.
Sehingga rasio bahan bakar menjadi 0,90 liter/ton untuk truk jungkit Mitsubitshi
Fuso SHD dan 0,98 liter/ ton untuk truk jungkit Toyota Dyna 130 HT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 08:28 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 08:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41596 |
Actions (login required)
View Item |