Nurzam, Hanin Hanifah (2024) ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN INSTAGRAM @PerpusBI (PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA) DALAM MENINGKATKAN AWARENESS DAN ENGAGEMENT AUDIENS. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover_153200102_Hanin Hanifah Nurzam.pdf Download (157kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200102_Hanin Hanifah Nurzam.pdf Download (30kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200102_Hanin Hanifah Nurzam.pdf Download (352kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200102_Hanin Hanifah Nurzam.pdf Download (53kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200102_Hanin Hanifah Nurzam.pdf Download (146kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_153200102_Hanin Hanifah Nurzam.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perpustakaan dikenal sebagai tempat penyimpanan buku yang memberikan kesan
kuno dan kaku sehingga seringkali masyarakat enggan untuk berkunjung dan lebih
memanfaatkan teknologi informasi seperti internet. Perpustakaan Bank Indonesia
(Perpustakaan BI) merupakan perpustakaan khusus yang melakukan aktivasi
komunikasi melalui media sosial Instagram. Salah satunya @PerpusBI yang
dikelola oleh Perpustakaan Kantor Pusat BI di Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui strategi pengelolaan Instagram @PerpusBI dalam meningkatkan
awareness dan engagement audiens. Penelitian ini menggunakan konsep The
Circular Model of SOME dari Regina Luttrell. Metode yang digunakan yaitu
metode penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan dengan
cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media sosial Perpustakaan BI memiliki konsep tersendiri dan menjalankan tahapan
model SOME secara menyeluruh diantaranya berupa share, optimize, manage, dan
engage. Setiap aspek dilakukan dengan pendekatan personal, melibatkan audiens,
serta penyajian konten edukatif dan informatif dengan memperhatikan tren yang
sedang terjadi. Melalui strategi pengelolaan tersebut, Perpustakaan Bank Indonesia
mampu meningkatkan awareness audiens dengan meningkatnya engagement
melalui interaksi, partisipasi, percakapan, e-WOM, dan aktivitas offline maupun
online. Hal ini merupakan keberhasilan pengelola @PerpusBI dalam membentuk
mindset dan membangun behavior sesuai dengan tujuan pemberdayaan media
sosial yang ditetapkan oleh Perpustakaan Bank Indonesia.
Kata kunci:, Engagement, Instagram, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Bank Indonesia, The Circular Model of SOME.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Engagement, Instagram, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Bank Indonesia, The Circular Model of SOME |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:54 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41067 |
Actions (login required)
View Item |