PENGARUH E-WOM DAN KREDIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MILKBUN PADA FOLLOWERS TIKTOK @RACHELVENNYA

Wijaya, Cindy Nataly (2024) PENGARUH E-WOM DAN KREDIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MILKBUN PADA FOLLOWERS TIKTOK @RACHELVENNYA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Halaman Cover.pdf] Text
2. Halaman Cover.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 3. Halaman Abstrak.pdf] Text
3. Halaman Abstrak.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_Cindy Nataly Wijaya.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_Cindy Nataly Wijaya.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1. File Skripsi Full.pdf] Text
1. File Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan media informasi di masyarakat mendorong
munculnya berbagai media sosial seperti TikTok yang merupakan platform media
sosial dengan berbagai tema dan informasi yang dapat disebarkan secara visual
sehingga memunculkan daya tarik terhadap para penggunanya secara cepat. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan
kredibilitas terhadap keputusan pembelian produk MilkBun pada followers TikTok
@rachelvennya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan
teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 270 responden. Kriteria
dari pengambilan sampel yakni pernah melihat konten review MilkBun Rachel
Vennya dan mengikuti Rachel Vennya di TikTok. Pengolahan data dilakukan
menggunakan aplikasi SPSS versi 27 for Windows. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh dengan nilai
signifikansi 0,001<0,05 yang berarti H1 diterima. Adapun pengaruh source
credibility theory terhadap keputusan pembelian yakni dengan nilai signifikansi
sebesar 0,001<0,05 yang berarti H2 diterima. Electronic word of mouth dan source
credibility theory juga secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan
pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang artinya H3 diterima.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sangat
kuat dan variabel bernilai positif dimana pada nilai yang dicapai pada R Square
sebesar 0,718 yang merepresentasikan fakta bahwa secara simultan variabel
electronic word of mouth dan source credibility theory memengaruhi keputusan
pembelian konsumen sebesar 72% dengan sisa 28% alasan keputusan pembelian
konsumen terhadap produk MilkBun yang dipengaruhi oleh variabel yang tidak
teramati.
Kata Kunci : Source Credibility Theory, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, TikTok, Social Media Influencer

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Source Credibility Theory, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, TikTok, Social Media Influencer
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:50
Last Modified: 09 Sep 2024 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41066

Actions (login required)

View Item View Item