PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Konsumen Produk Liptint Emina di Yogyakarta)

Khasanah, Putri Widyasari Nur (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Konsumen Produk Liptint Emina di Yogyakarta). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf] Text
Abstrak_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Cover_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf] Text
Cover_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf] Text
Daftar Isi_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf] Text
Daftar Pustaka_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152200090_Putri Widyasari Nur Khasanah.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
citra merek terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas
pelanggan (studi pada konsumen liptint emina di Yogyakarta). Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 97 orang, dimana kriteria sampel adalah perempuan dan
berdomisili di Yogyakarta serta konsumen yang sudah melakukan pembelian dan
telah menggunakan produk Liptint Emina lebih dari dua kali atau lebih dalam waktu
satu tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non
probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Metode
analisis data yang digunakan menggunakan metode SEM (Stuctural Equation
Modelling) dengan menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas produk (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan (Z), Citra Merek (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Z), Kualitas
Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y),
Citra merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan
(Y), Kepuasan Pelanggan (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan (Y), Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan (Y) melalui Kepuasan Pelanggan (Z), Citra merek (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) melalui
Kepuasan pelanggan (Z).
Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan liptint emina harus dapat
meingkatkan dan mempertahankan kualitas produk yang ada sehingga dapat
meningkatkan penjualan. Disisi lain liptint emina harus dapat mempertahankan
reputasi merek yang baik di kalangan masyarakat agar masyarakat dapat terus
percaya terhadap merek emina sehingga dapat membuat konsumen merasakan puas
akan produk yang dibeli dan selanjutnya dapat meningkatkan loyalitas konsumen
serta konsumen akan melakukan pembelian secara konsisten di masa yang akan
datang.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas
Pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:09
Last Modified: 06 Sep 2024 04:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41055

Actions (login required)

View Item View Item